Musim Hujan Tiba! Konsumsi Vitamin Ini Biar Gak Gampang Sakit

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Memasuki bulan Oktober, sejumlah wilayah di DKI Jakarta dan sekitarnya mulai sering diguyur hujan deras. Meski tak menentu, curah hujan yang turun cukup lebat.

Untuk itu, ada beberapa barang yang perlu kamu siapkan memasuki musim penghujan. Persiapan tersebut bukan hanya pakaian atau perlengkapan seperti payung dan jas hujan saja. Kamu juga perlu menjaga daya tahan atau sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit.

Pada umumnya, musim hujan menyebabkan sebagian besar orang lebih mudah jatuh sakit. Oleh karena itu, terkadang asupan vitamin untuk kekebalan tubuh dibutuhkan lebih banyak dibandingkan dengan kondisi normal.

Dilansir dari Medical News Today, beberapa peneliti percaya bahwa cuaca dingin dapat memengaruhi sistem kekebalan atau daya tahan tubuh seseorang. Ketika kinerja sistem imun menurun, tubuh kesulitan dalam melawan terjadinya infeksi penyebab penyakit.

Nah, biar kesehatan tetap terjaga di musim hujan, mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi bisa jadi jawabannya. Nih, beberapa jenis vitamin yang perlu kamu butuhkan saat musim hujan tiba biar gak gampang sakit.

1. Vitamin A

Vitamin pertama yang dibutuhkan tubuh terlebih saat musim hujan ialah vitamin A. Vitamin A membantu mengatur sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, vitamin A bekerja melindungi dari infeksi dengan cara menjaga kesehatan lapisan kulit dan jaringan pada bagian mulut, lambung, usus, dan sistem pernapasan.

Untuk menambah kandungan vitamin A, kamu bisa mengonsumsi beberapa asupan seperti bayam, telur, wortel, brokoli, ubi dan paprika merah.

2. Vitamin C

Sudah bukan rahasia lagi kalau vitamin C bisa meningkatkan daya tubuh, dan membuat kamu gak gampang sakit. Vitamin C merupakan nutrisi penting yang bekerja sebagai antioksidan.

Vitamin untuk kekebalan tubuh ini membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sistem kekebalan tubuh. Ditambah lagi, vitamin C dapat menstimulasi pembentukan antibodi dan memperkuat sistem imun.

Vitamin C banyak terkandung dalam suplemen yang bisa langsung kamu konsumsi. Namun, ada beberapa makanan juga yang mengandung vitamin tersebut, seperti jeruk, kiwi, brokoli, pepaya, stroberi dan cabai.

3. Vitamin E

Satu lagi vitamin yang diperlukan tubuh saat musim hujan ialah vitamin E. Sama halnya seperti vitamin C, vitamin E merupakan sebuah antioksidan.

Penelitian menunjukkan menjaga tingkat vitamin E yang cukup dalam tubuh penting untuk memelihara sistem kekebalan atau daya tahan tubuh yang sehat. Tak heran jika vitamin E merupakan salah satu vitamin untuk kekebalan tubuh yang perlu diperhatikan asupannya.

Kamu bisa dapatkan kandungan vitamin E yang cukup dari asupan seperti minyak sayur, kacang almon, biji-bijian dan selai kacang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini