MATA INDONESIA, JAKARTA – Sidang skripsi sudah di depan mata. Udah ada persiapan apa nih para calon sarjana?

Skripsi atau tugas akhir memang menjadi momok menakutkan bagi sebagian mahasiwa. Tak cuma dari proses pengerjaannya, bayang-bayang ujian atau sidang skripsi juga makin bikin mahasiswa ciut.

Akan tetapi, masalah tak boleh dihindari ya gaes. Kamu harus menghadapinya dengan berani dan berdoa.

Biar sidang mu lancar dan dosen pengujimu gak nyeremin, yuk simak tips ini dan amalkan doanya sebelum sidang skripsi.

  1. Siapkan Presentasi

Selain analisa dari skripsimu, presentasi juga jadi penilaian dosen penguji. Maka dari itu, ada baiknya kamu menyiapkan presentasi yang matang.

Coba untuk meringkas hasil keseluruhan skripsimu dan membuatnya di power point. Dengan demikian, presentasimu bisa maksimal dan tertata dengan baik.

2. Latihan Presentasi

Setelah membuat rincian presentasi, yuk coba latihan bicara di depan dosen pembimbing. Kamu bisa latihan bersama orang tua, teman atau di depan kaca. Hal ini untuk menumbuhkan rasa percaya diri kamu dan melatihmu biar gak grogi.

3. Jangan Lupakan Alat Tulis

Pastikan buku catatan dan pulpen sudah masuk ke tas mu ya. Hal ini guna saat ada revisi, kamu bisa mencatatnya biar gak lupa. Plus, kamu bisa gunakan stabilo untuk menandakan bagian mana dari skripsimu yang kurang.

4. Siapkan Jawaban-jawaban

Pertanyaan dari dosen penguji tidak bisa ditebak. Tapi gak ada salahnya kamu mempersiapkan jawaban-jawaban dari penelitian kamu. Buatlah jawaban dari pertanyaan yang basic, seperti apa alasan memilih penelitian ini. Lumayan kan, buat persiapanmu di ruang sidang.

5. Berdoa

Setelah semua usaha telah kamu lakukan, saatnya untu mengembalikan kepada yang maha kuasa. Jangan lupa untuk berdoa agar sidang skripsimu lancar dan tak kurang suatu apapun.

Doa Saat Sidang Skripsi:

Allahumma laa sahla illaa maa ja’altahu sahlan wa anta taj’alul haznaa idzaa syi’ta sahlan

”Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah. Sedang yang susah bisa Engkau jadikan mudah, apabila engkau menghendakinya.” (Shahih Ibnu Hibban no. 2427).

Jangan lupa amalkan doa ini sebelum sidang skripsi gaes. Niscaya semua urusan akan dipermudah dan dilancarkan oleh-Nya.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here