Ilustrasi print bolak-balik (istimewa)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Bagi anak kuliahan, apalagi yang tengah nyusun skripsi tentu akan merasa rugi sekali, kalau mencetak satu halaman dalam selembar kertas. Selain menguras kantong, tentu juga ikut makan waktu. Belum lagi draft skripsinya dikembalikan dengan banyak coretan dari dosen pembimbing.

Nah biar bisa hemat, cobalah manfaatkan cara ngeprint bolak-balik yang ada pada aplikasi Microsoft Word. Tapi untuk melakukan fitur ini, kamu harus mengetahui apakah printermu mendukung kemampuan duplex (bolak-balik) atau tidak.

Untuk mengetahuinya kamu bisa melihat melalui 3 cara yaitu,

via Microsoft Word

Cara mudah untuk mencari tahu adalah membuka Microsoft Word. Kemudian, tekan Print dan cari kotak yang menunjukkan percetakan dua sisi, seperti Double-Sided, 2-Sided atau Duplex. Selalu periksa pengaturan dalam menu Print sebelum anda mencetak dokumen.

Buku Panduan

Jika tidak bisa menemukan menu percetakan duplex di Word, coba lihat spesifikasi printer secara manual di buku panduan. Di situ mungkin ada informasi apakah printer yang digunakan mendukung percetakan dua sisi atau tidak.

Internet

Jika anda masih tidak menemukannya juga, silahkan cari informasi secara daring mengenai spesifikasi dan fitur printer Anda. Caranya cukup kunjungi situs resmi dari merk printer Anda atau mencari melalui Google dengan kata kunci seri printer Anda.

Selanjutnya adalah cara melakukan print bolak-balik antara lain,

Manual

Masuk ke file pada Word, pilih kolom print dan Manually Print on Both Sides. Di bagian Manually Print on Both Sides, tertulis penjelasan untuk mengisi ulang kertas yang sudah dicetak. Saat ada perintah, taruh kertas bagian belakang yang masih kosong ke dalam printer.

Otomatis

Klik file di halaman utama Word, kemudian klik print yang ada di kolom sebelah kiri layar. Arahkan kursor ke pilihan Print, klik pengaturan di bawah tulisan Pages lalu pilih Print on Both Sides. Jika printer kamu mendukung, maka pilihan ini akan muncul. Selesai mengatur halaman untuk dicetak lalu klik Print dan dokumen akan dicetak secara otomatis dengan format bolak balik.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here