Ilustrasi makanan manis (pixabay)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Tak dapat dipungkiri, kondisi di tengah pandemi virus Covid-19 membuat banyak orang mengalami kecemasan hingga stres berlebih. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari membaca berita negatif terus-menerus, hingga dampak perekonomian akibat menyebarnya virus corona ini.

Terkadang, ini membuat masyarakat berlari ke makanan manis untuk membuat perasaan mereka lebih relaks dan kalem. Namun perlu diingat, konsumsi makanan manis dan kaya gula terus-menerus justru berpotensi mendatangkan hal buruk.

Dikutip dari sebuah sumber, Linda Van Horn selaku direktur divisi nutrisi di Northwestern University Feinberg School of Medicine menjelaskan, asupan gula yang terlalu tinggi berhubungan dengan sindrom metabolik juga risiko penyakit kardiovaskular. Untuk itu, kamu perlu bijak mengonsumsi makanan manis agar gak menimbulkan masalah pada tubuh.

Nah, kamu gak perlu bingung. Ada kok cara untuk membantumu mengurangi konsumsi gula dan makanan manis lainnya di masa pandemi ini. Yuk simak!

1. Cek Label Kemasan

Salah satu cara mengontrol asupan gula harian adalah dengan mengecek label kemasan makanan. Ini akan membantu kamu menghitung konsumsi gula harian.

Perlu kamu pahami bahwa gula tambahan dalam makanan tak selalu tertulis ‘gula’ ataupun ‘glukosa’. Bisa juga seperti agave, brown sugar, pemanis jagung, sirup jagung, (corn syrup), dekstrosa, sari tebu evaporasi, fruktosa, konsentrat jus buah, nektar buah, madu, laktosa, sirup malt, maltosa, molase, sirup maple, dan sukrosa.

Nah, jika dirasa kemasan makanan atau minuman yang hendak kamu konsumsi mengandung zat di atas, perlu kamu batasi asupannya ya.

2. Melatih Lidah

Selain bikin mood jadi bagus, makanan manis juga sangat nikmat di lidah. Maka, kamu perlu melatih lidahmu agar tak selalu ingin mengonsumsi yang manis-manis.

Cobalah perlahan dengan memesan kopi, susu atau teh tanpa gula saat di restoran. Begitu pun saat kamu membuatnya sendiri di rumah. Hal ini bisa membantu membiasakan lidahmu dari makanan yang serba manis.

3. Coba Pemanis Alami

Jika biasanya kamu menggunakan gula pasir untuk mengonsumsi teh ataupun kopi, coba ganti dengan pemanis alami ya. Sebab, rasa manis gak melulu hadir dari gula kok.

Kamu bisa mengganti gula dengan madu untuk mendapatkan rasa manis atau menggunakan buah agar rasa manisnya lebih sehat dan alami.

4. Kurangi Minuman Instan

Menikmati soda, teh dalam kemasan hingga minuman kekinian seperti boba juga bisa menambah kadar gula pada tubuhmu. Maka, minuman-minuman di atas juga perlu kamu batasi ya.

Bukannya tidak boleh dikonsumsi sama sekali, tapi cobalah untuk mengurangi asupannya. Jika biasanya setiap hari, coba kurangi jadi dua hari sekali dan lama-kelamaan akan makin jarang.

5. Ganti Dessert dengan Buah

Hal terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi konsumsi gula berlebih di masa pandemi ialah mengganti makanan penutupmu dengan buah-buahan. Buah tetap memiliki rasa manis namun lebih alami ketimbang kue, puding, cokelat dan sebagainya.

Ingat! Kamu tetap boleh mengonsumsi makanan manis yang kamu mau, namun harus lebih bijak dan jangan setiap hari ya!

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here