Tak Ada Kepastian Vaksin, Kematian akibat Covid-19 Bisa Tembus 2 Juta

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Jumlah kematian akibat Covid-19 diprediksi tembus hingga dua juta kasus jika vaksin yang pasti menangkal virus tersebut belum ditemukan. Kalaupun sudah ditemukan, namun pembagiannya tak merata, perkiraan angka kematian itu masih sama.

Pejabat WHO Mike Ryan menyebut, harus ada tindakan bersama seluruh negara untuk menekan virus ini, mengingat angka kematian sudah mencapai satu juta dalam sembilan bulan terakhir, sejak Covid-19 ditemukan di Wuhan, Cina.

“Jika kita tidak melakukan itu semua, tidak hanya dibayangkan, tetapi sangat mungkin terjadi,” kata Mike Ryan, seperti dikutip pada Sabtu 26 September 2020.

Ia berkata, kelompok pemuda tak semestinya disalahkan dalam lonjakan kasus belakangan ini. Justru, menurutnya pertemuan orang dengan segala usia di ruangan tertutup mendorong epidemi.

WHO masih berdiskusi dengan Cina mengenai kemungkinan keterlibatannya dalam skema pembiayaan COVAX, yang dibentuk untuk menjamin akses global vaksin Covid-19 secara cepat dan merata, sepekan setelah batas waktu untuk bergabung dengan skema tersebut berakhir.

Selain itu, WHO pada Jumat menerbitkan draf kriteria penilaian penggunaan darurat vaksin Covid-19 guna membantu mendampingi produsen obat saat uji klinis vaksin sudah dalam tahap lanjutan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini