7 Manfaat Luar Biasa dari Teh Serai

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Cuaca dingin, buku bacaan, dan beberapa kue renyah, tak ada lagi yang Anda inginkan untuk menemani waktu santai Anda selain secangkir teh serai hangat. Selain menyegarkan sekaligus menghangatkan, teh serai juga kaya akan manfaat kesehatan.

Rasa serai berpadu dengan teh alami, Anda juga dapat menambahkan irisan lemon untuk menambah aroma dan kesegaran teh Anda. Menariknya, ada begitu manfaat serai yang telah banyak digunakan selama bertahun-tahun untuk tujuan pengobatan di sejumlah negara, khususnya di wilayah Asia.

Melansir NDTV, berikut beberapa manfaat dan khasiat dari teh serai.

Baik untuk pencernaan

Serai dapat membantu menenangkan perut Anda dan menjaga fungsi pencernaan tetap terkendali. Serai mengandung komponen yang disebut citral yang membantu mencerna makanan. Tumbuhan ini telah digunakan sebagai ramuan kuno untuk semua masalah perut dalam pengobatan Cina seperti kembung, sembelit, atau gangguan pencernaan.

Kaya akan Antioksidan

Teh serai kaya akan antioksidan yang membantu detoksifikasi dan membersihkan Anda dari dalam. Ini membantu menghilangkan racun dari tubuh dengan menghilangkan retensi cairan.

Mengatur Tekanan Darah Tinggi

Teh serai adalah formula alami untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Kaya kalium yang meningkatkan produksi urin dalam tubuh dan dapat merangsang sirkulasi darah, serta menurunkan tekanan darah. Dengan meningkatkan sirkulasi darah, ini juga membantu dalam membersihkan hati. Serai juga dikenal dapat membatasi penyerapan kolesterol dari usus, sehingga meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

Meningkatkan Metabolisme dan Membakar lemak

Teh serai adalah pilihan yang tepat untuk rencana menurunkan berat badan Anda karena membantu meningkatkan metabolism yang membuat pencernaan lebih cepat dan membakar lebih banyak kalori.

Sebuah laporan yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition tahun 2013 menunjukkan bahwa polifenol yang ditemukan dalam senyawa tumbuhan alami dan kandungan kafein dalam teh serai meningkatkan penggunaan energi dan meningkatkan oksidasi asam lemak dalam tubuh.

Untuk Kulit dan Rambut Hebat Secara Alami

Serai memiliki sumber Vitamin A dan Vitamin C yang merupakan nutrisi penting untuk kulit dan rambut yang indah. Dengan meningkatkan sirkulasi darah, ini membersihkan kulit Anda, merawat tekstur berminyak dan juga bekerja untuk mengobati erupsi seperti jerawat dan eksim.

Menyembuhkan Pilek dan Flu

Serai juga memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang membantu Anda mengatasi pilek, batuk, dan flu. Serai juga sarat akan Vitamin C yang memperkuat kekebalan tubuh Anda. Rebus serai segar bersama dengan beberapa cengkeh, sejumput kunyit dan daun teh.

Ramuan sederhana ini efektif untuk mengurai lendir dan penumpukan dahak akibat hidung tersumbat. Campuran serai dan kapulaga yang panas juga merupakan obat yang umum untuk flu.

Meredakan nyeri haid

Teh serai atau lemongrass tea dinilai sangat baik untuk kesehatan perempuan. Ini memberikan kelegaan dari hot flashes dan membantu mengurangi nyeri haid karena efeknya yang menenangkan. Teh serai dikenal bisa menurunkan kadar gula darah. Oleh karena itu, penderita diabetes harus berkonsultasi dengan dokter mengenai konsumsinya. Demikian pula perempuan hamil atau menyusui disarankan untuk menghindari serai karena cara kerja senyawa kimia tertentu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tak Lagi Incar Wali Kota Jogja, PPP justru Pilih Bertarung di Bursa Calon Wakil Walkot

Mata Indonesia, Yogyakarta - Sejumlah partai politik (parpol) di Kota Jogja tengah mempersiapkan diri untuk menyambut pelaksanaan Pilkada pada November 2024. Salah satunya, Partai Persatuan Pembangunan (PPP).
- Advertisement -

Baca berita yang ini