Jarang Dicuci Membuat Pakaian dan Celana Berbahan Denim Awet? Ini Faktanya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Jarang dicuci membuat pakaian dan celana berbahan denim lebih awet? Menurut para pakar memang pencucian yang terlalu sering justru akan merusak serat denim dan melunrutkan warna aslinya. Namun hal ini dinilai juga kontra dengan pola hidup sehat.

Permasalahannya adalah jika ada banyak kuman yang menempel pada pakaian atau celana berbahan denim akibat jarang dicuci. Maka perlu perawatan khusus untuk mengantisipasi kuman dan bakteri yang menempel.

Bagi beberapa orang, memudarnya warna dari denim adalah proses yang patut disyukuri. Jeans yang telah memiliki warna pudar, dinilai lebih istimewa dibandingkan jeans yang memiliki warna terang. Hal inilah yang mendasari pakaian dan celana berbahan denim tidak perlu terlalu sering bersentuhan dengan air deterjen.

Beberapa orang pun memiliki cara masing-masing untuk membersihkannya. Seperti memasukkan celana jeans ke dalam plastik kedap, kemudian menyimpannya di dalam freezer semalaman. Tujuannya agar mematikan bakteri di suhu yang sangat dingin serta menghilangka bau tidak sedap.

Namun, menurut tipsandtrick, hal ini dianggap kurang efektif karena kuman tidak bisa mati sempurna. Kuman hanya menjadi pasif dan berhenti berkembang biak. Maka, sebagian orang memilih untuk mengangin-anginkan celana jeans di bawah sinar matahari untuk menghilangkan bakteri dan bau tak sedap.

Sementara itu, menurut pendiri Dearborn Denim, Robert McMillan, menegaskan bahwa celana jeans aman dikenakan tanpa dicuci selama belum berbau tidak enak atau membuat gatal. Hal ini tidak lepas dari upaya untuk memperpanjang umur pemakaian jeans dan menjaga lingkungan.

Maka, jika denim hendak dicuci dan dibersihkan sebaiknya menggunakan putaran mesin cuci yang paling ringan supaya serat denim tidak rusak. Selain itu, dalam proses pengeringan juga diimbau untuk menjemurnya di lokasi out door karena bila dikeringkan di mesin pengering, dalam jangka waktu lama bisa merusak serat dari denim.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini