Wujud Anime Samurai Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020

Baca Juga

MATA INDONESIA, TOKYO – Ini cerita yang tersisa dari Olimpiade Tokyo 2020 lalu yang baru saja digelar. Sekelompok seniman Jepang berupaya agar khalayak dunia dapat merangkul semangat Olimpiade sekaligus budaya Jepang. Mereka mengumpamakan Indonesia dan negara-negara peserta Olimpiade sebagai karakter-karakter samurai dalam wujud anime.

Khalayak dapat melihat karakter-karakter anime tersebut pada situs World Flags. Selain Indonesia, terdapat karakter anime Malaysia, Singapura, Afrika Selatan, Inggris, dan tentunya Jepang.

”Samurai adalah sesuatu yang khas Jepang dan kami ingin semua orang mengetahui budaya tradisional Jepang,” kata pencipta anime-anime tersebut, Kamaya Yamamoto.

Yamamoto memulai proses kreatifnya dengan meriset makna dan sejarah bendera sebuah negara, sekaligus warna dan desainnya. Dia juga meriset budaya negara tersebut.

Sebagai contoh, karena bendera Meksiko memperlihatkan seekor elang bertengger pada sebuah kaktus sembari memakan seekor ular, Yamamoto menggabungkan semua elemen itu guna menciptakan karakter samurai yang mengenakan logo ular. Karakter itu digambarkan menjulurkan tangannya sebagai tempat bertengger seekor elang.

Yamamoto dan timnya membuat rincian setiap karakter, termasuk kepribadiannya, kekuatan, dan kelemahan—mirip karakter dalam gim video. Contohnya adalah karakter samurai bernama Maharudika untuk menggambarkan Indonesia.

Indonesia dilukiskan sebagai pria berkacamata yang memakai kimono merah dan putih. Dia lahir pada 17 Agustus dan tinggi badannya 178cm. Dalam rincian karakter itu, Yamamoto dan timnya menyebut Indonesia memiliki “hati yang jujur dan murni”.

Karakter Indonesia juga punya kekuatan khusus jika menghadapi karakter lain. ”Jika Anda mencoba berbohong rambut Anda akan berdiri tegak lurus dan [kebohongan] Anda akan langsung terungkap.”

Maharudika, yang diumpamakan sebagai Indonesia, disebut punya keahlian khusus di bidang badminton. Hobinya minum kopi luwak dan makanan favoritnya nasi goreng. Ada satu titik lemahnya, yaitu cuaca dingin.

1px transparent line

“Kami berharap ini dapat menjadi jalan bagi khalayak untuk mempelajari negara lain,” ujar Kozo Yamada, seniman lain yang tergabung dalam World Flags.  “Itulah gunanya Olimpiade.”

Ksatria

Ksatria samurai punya bagian penting dalam sejarah Jepang, setidaknya sejak abad ke-12. Meskipun samurai sudah punah, ‘bushido’—jalan ksatria berlandaskan martabat dan disiplin—adalah sistem nilai penting dalam budaya Jepang hingga sekarang.

Karena itu, karakter samurai berwujud anime ini tampak pas bagi promosi Olimpiade Jepang. 15 orang di balik World Flags tidak mendapat bayaran dan pembuatan karya-karya tersebut pada waktu senggang. Sejauh ini, mereka sudah membuat 84 karakter samurai dari 200 negara peserta Olimpiade.

Dalam mendesain sebuah karakter, mereka berkolaborasi dengan sejumlah orang. Ada kalanya mereka menggelar jajak pendapat di Twitter dan meminta warganet memilih simbol atau obyek paling khas dari sebuah negara.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini