Megah dan Mewahnya Stadion Juventus

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Setiap klub sepak bola pasti memiliki stadionnya sendiri untuk berlatih dan bertanding. Di zaman sekarang, setiap klub berlomba-lomba merenovasi stadionnya. Hal ini supaya memberi kenyamanan bagi pemain dan supoter. Juventus, sebagai klub besar asal Italia, memiliki stadion yang besar dan megah.

Klub ini mempunyai basis suporter yang sangat besar di Italia dan seluruh dunia. Jika Juventus memiliki stadion yang kecil, tidak akan cukup untuk menampung banyaknya fans atau suporter yang akan mendukung langsung di stadion.

Dulu, klub ini menempati Stadion Delle Alpi yang merupakan milik dewan Kota Turin. Kemudian pemilik klub memutuskan membangun stadion baru bernama Juventus Stadium yang pembangunannya pada 1 Maret 2009 dan baru resmi 8 September 2011 dengan biaya pembangunan mencapai 155 juta Euro.

Setelah menandatangi perjanjian dengan Allianz, nama stadion itu berubah menjadi Allianz Stadium dimulai pada 1 Juli 2017. Allianz Stadium memiliki kapasitas 41.507 kursi dengan 3.600 kursi VIP dan 64 VVIP. Jarak pandang untuk penonton pun cukup dekat sekali berjarak 7,5 Meter, sehingga penonton bisa merasakan suasana berada di lapangan.

Sistem pencahayaan di stadion ini cukup canggih, dengan menggunakan 396 LED yang terpasang di seluruh bagian stadion dan 192 lampu RGB yang ditempatkan di bawah atap. Sistem keamanan pun tidak kalah canggih, terdapat 46 gerbang pendeteksi logam.

Sebelum pertandingan dimulai, Allianz Stadium juga dilengkapi hiburan. Di luar lapangan terdapat permainan football billiards dan dart football untuk para fans. Di dalam lapangan terdapat musik dan alat DJ untuk menemani penonton hingga kick-off.

Beberapa fasilitas lainnya adalah:

1. Tur stadion
Stadion ini menyediakan tur stadion untuk para pengunjung yang berdurasi 70 menit. Para pengunjung bisa mengelilingi seluruh bagian stadion dari kamar ganti pemain hingga lapangan.

2. Area belanja
Sebuah pusat perbelanjaan juga ada di dekat stadion dengan luas 550 meter persegi. Area 12 yang memiliki lebih dari 60 toko, 2 bar, 3 restoran dan hypermarket. Dengan adanya Area 12, pengunjung lebih mudah untuk membeli makanan, minuman maupun merchandise dari Juventus.

3. Museum 
Museum Juventus sebutannya adalah “J Museum”. Buka pada 16 Mei 2012. Di museum ini terdapat infomasi tentang Juventus. Pengunjung bisa mengetahui sejarah setelah lebih dari satu abad Juventus menjadi sebuah klub sepak bola.

Penulis: Muhammad Hidayat

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini