Senin, Oktober 18, 2021

Viral! Kisah Ibu Hamil Pilih Dukun Beranak daripada Operasi Caesar di RS, Kepala Bayi Malah Tersangkut

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kisah ibu hamil yang nekat melahirkan di dukun beranak setelah menolak saran dokter untuk operasi caesar menjadi viral. Kondisi sang bayi pun mengkhawatirkan.

Kisah ini salah satunya dibagikan oleh akun Instagram @mak_inpoh pada Rabu 21 April 2021. Akun tersebut membagikan kolase foto dari cerita seorang petugas kesehatan.

Petugas kesehatan itu menceritakan bahwa pasien yang sedang hamil anak pertama datang ke klinik persalinan saat usia kehamilan 41 minggu. Saat diperiksa, janin dalam posisi sungsang atau letak kepalanya berada di bagian atas.

Sementara itu, si ibu saat itu mengatakan dirinya sudah merasakan kontraksi. Dokter pun memutuskan untuk merujuknya ke rumah sakit untuk melakukan operasi caesar, sepertinya tidak memungkinkan untuk melakukan persalinan normal.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan akhirnya dokter memutuskan pasien harus dirujuk ke rumah sakit untuk melahirkan secara caesar,” tulisnya dikutip dari postingan yang dibagikan akun Instagram @mak_inpoh.

Namun setelah diberi rujukan, bukannya segera ke rumah sakit, pasien tersebut malah nekat melahirkan di rumah dengan bantuan seorang dukun beranak. Tak disangka, keputusannya malah membahayakan dirinya dan sang bayi.

“Dan inilah yang terjadi. Kepala bayi tersangkut dan tidak bisa keluar. Rahim pecah akibat didorong dengan paksa untuk mengeluarkan kepala bayi oleh dukun beranak,” lanjut kisah tersebut.

Akhirnya, ibu tersebut tetap menjalani operasi untuk menyelamatkan dirinya dan bayinya. Ia berpesan agar kisah tersebut bisa dijadikan pelajaran.

Unggahan ini pun mendapat beragam reaksi dari netizen. Keputusan ibu tersebut pun mengundang keprihatinan dari netizen.

“Jangan ngeyel sama dokter, uang bisa dicari, kalau nyawa mau dicari kemana🙄,” komentar @surya****rillia.

“Mungkin dia pikir klo sc makan biaya banyak..makamya gk sanggup akhirnya ke dukun beranak😔😔,” kata @a****_rumi.

“Haduh kurangnya edukasi jadi serem. Kasihan ibu dan anak 😢😢😢,” tulis @eame****s.

“Ngeri bngt. Emangnya cesar serem bngt? Ga wey😢 sama sama sakit cuma ya ga bisa banyak gerak dulu kalo cesar. Kasian baby nya 😭,” komentar @nui***95.

“Kita gk tau apa yg dipikiran si ibu hamil dan keluarganya, mungkin bisa aja mereka mikir biayanya gede jadi coba2 pake dukun aja dulu, padahal mereka gk tau bisa aja ada kejadian fatal yg akhirnya terjadi,” kata @iska****asyah.

1 KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR POSITIF

Ayo berikan komentar
Tuliskan nama

Berita Terbaru

Bawa 7.500 Dosis, BIN Akan Gelar Vaksinasi Lanjutan di Tubaba

MATA INDONESIA, BANDARLAMPUNG - Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Lampung atau Binda Lampung akan kembali melakukan vaksinasi tahap dua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini