Video Tiktok @mocha_doank

MATA INDONESIA, JAKARTA – Bagi para pendaki, pastinya tahu betul mitos yang ada di Gunung Lawu, salah satunya tentang burung jalak. Burung tersebut dapat menunjukkan jalan ke beberapa pendaki agar tidak tersesat.

Konon katanya, burung tersebut merupakan jelmaan dari Ki Jalak, salah satu abdi Brawijaya V yang bertugas menunjukkan jalan bagi para pendaki. Pengalaman misteri bertemu burung jalak di Gunung Lawu juga diungkap akun Tiktok @mocha_doank.

Seorang pendaki membagikan kisahnya saat tersesat di Gunung Lawu beberapa waktu lalu. Berkat seekor burung jalak, ia pun berhasil mencapai puncak Gunung Lawu.

Awalnya pria dalam video mengaku mendaki Gunung Lawu tersebut bersama beberapa temannya. Di tengah perjalanan, salah seorang temannya ada yang kelelahan dan beristirahat sejenak tak melanjutkan perjalanan.

Tak disangka, ia dan temannya justru ditinggal oleh rombongan. “Karena teman (atasan saya) kecapekan makanya saya istirahat berdua dan yang lain jalan duluan,” kata si pendaki seperti dikutip Kamis 18 Februari 2021.

Pria itu mengatakan mereka mendaki bersama seorang penunjuk jalan. Namun, orang itu sudah jalan lebih dulu bersama rombongan teman lainnya.

“Enggak tahu gimana ceritanya tiba-tiba bapak yang di depan itu menghilang. Makanya bingung lah kita berdua,” kata dia.

Kedua pendaki itu mencoba menyusuri jalan yang ada hingga tiba-tiba ia menemukan seekor burung jalak. Burung berwarna hitam tersebut berjalan seolah menuntun kedua pendaki agar bisa sampai ke puncak gunung.

Bahkan, saat kedua pendaki tersebut berhenti karena kelelahan, sang burung jalak ikut berhenti seolah menunggu keduanya beristirahat. “Jalaknya benar-benar nuntun kita. Pas kita berhenti burungnya pun ikut berhenti pas kita mau jalan jalaknya langsung muncul sambil terus jalan,” ungkapnya.

Kisah pendaki yang berhasil selamat berkat pertolongan burung jalak itu langsung viral di media sosial. Dilihat dalam kolom komentar unggahan tersebut, rupanya beberapa netizen mengaku pernah mengalami hal yang sama.

“Waktu itu pernah ke lawu, dari pos 3 otw pos 4 disambut sama burung jalak, sampe puncak. Lalu pas turun juga dianterin lagi sama burung jalak itu,” komentar akun bernama gua gabut.

“Yang biasa ke gunung pasti tahu. Biasanya ada dijalur pendakian gunung lawu. Kalau ketemu jalak pasti dituntun kok,” kata akun punya setiawan.

“Gua pernah ke lawu, burung jalak itu habitatnya di sana juga, emang nuntun jalan, ini bukan mitos lagi, gua juga begitu soalnya,” tulis Barista keliling.

“Pernah saya alamin juga di gunung lawu dulu, saya dulu juga di tuntun sama burung jalak warna item gitu,” kata Rull.

“Aku juga kemarin kepisah sama rombongan cuman berdua sama temenku, posisi udah mau gelap dan itu masi di dalem hutan terus dituntun sampe pos 3,” kata Chandra.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here