Unggahan Instagram @iben_ma.

MATA INDONESIA, JAKARTA – Video eksperimen sosial yang dilakukan seorang pria yang bernama Benjamin Master Adhisurya viral di media sosial. Melalui akun Instagramnya, @iben_ma, ia menguji pengetahuan anak sekarang tentang para influencers dan tokoh bangsa Indonesia.

“Jadi minggu ini gua melakukan social experiment lagi. Kali ini terkait dengan Influencer. Apakah benar Influencer lebih terkenal dibanding tokoh-tokoh penting Indonesia?” tulis Benjamin di keterangan video, dikutip Rabu 21 Oktober 2020.

Di video pertama, seorang bocah berikan foto seorang influencer. Dengan cepat, bocah itu menyebut namanya, yaitu Awkarin.

Namun, saat diperlihatkan foto Presiden ke-4 RI Gus Dur, dia tampak kebingunan dan mengungkapkan tidak mengetahuinya. Bocah itu malah mengira Gus Dur itu sebagai anggota DPR.

Di video lainnya, ada bocah lainnya yang lebih mengenal Jess No Limit dibandingkan Tri Rismaharini. Yang mengejutkan, Wali Kota Surabaya itu malah dikira sebagai RA Kartini.

Semua bocah yang ditanyai Benjamin tidak ada satupun yang mengetahui nama tokoh sejarah tadi. Sebaliknya, mereka justru dengan cepat mengetahui nama para influencers atau artis di Indonesia.

Videonya pun viral dan mendapat beragam komentar dari warganet. Tak sedikit yang miris melihat eksperimen sosial tersebut.

“BUAT LAGI BANG. GUA SETUJU BANGET SOAL POSTINGAN GINI, ITUNG ITUNG KITA MAU TAU SEBERAPA TAU ANAK ANAK TENTANG SEJARAH. MINIMAL TAU MUKA MUKA DARI PRESIDEN KITA DARI PERTAMA SAMPE SEKARANG. SETUJU LIKE,” komentar @nadhi**ajar.a.

“Gusdur dibilang DPR wkwkwk,” kata @csrm**kk._.

“Baju batik+peci+mic=DPR,” tulis @_raj**40.

“Bener kata Soekarno.. Kemajuan & Kecanggihan elektronik itu membahayakan masa depan bangsa,” komentar @iben**lbo.

“Bener banget tuhh bg, terjadi pas gw kasih bimbel.. Ada soal foto ibu kartini, bu susi pudjiastuti mereka gak tau dongg…anak-anak jaman sekarang mahh yg dia taunya influencer artis-artis youtube😂,” tulis @ribka**eta07.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here