Hati-hati! Warganet Bongkar Kasus Penipuan Cuitan “Twitter Please Do Your Magic”

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Buat para pengguna Twitter pastinya sudah tak asing lagi membaca tulisan “Twitter Please Do Your Magic”. Biasanya kalimat ini digunakan oleh mereka yang ingin meminta bantuan, apapun jenisnya.

Bantuan bisa dalam berupa permohonan donasi atau penggalangan dana, menjual barang atau jasa, hingga hal yang paling gak penting, misalnya minta editin foto. Sudah banyak orang yang akhirnya terbantu dengan cara seperti ini.

Namun, baru-bari ini akun Twitter @muthiazzhr membongkar kasus penipuan berkedok “Please Do Your Magic”. Akun bernama Muthia Az Zahra itu mengungkapkan bahwa ada pihak tak bertanggung jawab yang ‘memanfaatkan’ simpati netizen untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah.

Hal ini diketahui dirinya saat membaca tweet dari mutual di Twitter dengan akun @/yenyenui9 yang bercerita kalau sedang butuh kerjaan. Menurut penuturan, beliau berdomisili di Rajeg, Tangerang.

Muthia mengungkapkan akun tersebut mengunggah foto tempat usaha peninggalan bapakknya yang meninggal 35 hari yang lalu, yang juga dikabarkan tempat tersebut juga akan disita oleh bank. Tak hanya itu, bahkan @/yenyenui9 juga melampirkan foto sang ibu yg sedang dirawat di rumah sakit.

“Setelah itu, di tweet berikutnya, si mbak menuliskan nomor rekeningnya. Mengharapkan bahwa orang2 baik di twitter dapat membantu,” cuit @muthiazzhr.

Dari sanalah Muthia mulai curiga, sebab dia tahu dimana tempat service yang ada di dekat rumahnya itu masih buka. Bapaknya masih sehat wal afiat. Sedangkan si ibu, istri bapaknya masih sering lewat jalan depan rumahnya.

Bahkan yang mengejutkan adalah foto ibunya yang dia sebut sebagai ibunya yang sedang sakit, sebenarnya bukanlah foto istri dari tukang service yang dia sebutkan menainggal tadi,

Dia mencoba menghubungi akun @/yenyenui9, namun akunnya telah di block dan akun berganti nama menjadi @/ttutuanti6. Dalam setiap cuitannya dia kerap kali menyelipkan nomor rekening dan juga nama penerima transferan, yakni atas nama Yeni.

Baca threadnya di bawah ini:

So, hati-hati gaes!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini