Catat! Ini Sederet Kumpulan Hoaks Soal Corona

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Beredar beragam kabar yang ternyata adalah kabar bohong alias hoaks soal wabah corona. Terkait informasi yang ramai merebak di media sosial ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) berhasil menjaring sejumlah puluhan berita palsu lewat mesin pengais konten negatif (AIS).

Berikut kumpulan hoaks soal virus corona yang beredar di media sosial yang dihimpun :

Thailand Berhasil Sembuhkan Pasien Virus Corona dengan Ganja
Beredar di media sosial Facebook, sebuah artikel berita dengan judul “Thailand Berhasil Sembuhkan Pasien Virus Corona dengan Ganja.”
Faktanya, narasi tersebut tidak benar. Obat yang digunakan para Dokter di Thailand untuk mengobati pasien Virus Corona Wuhan, yaitu obat antiflu dan obat anti-HIV, obat tersebut tidak mengandung ganja.
Selain itu, tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa ganja bisa membunuh virus corona Wuhan.

TKA China Ditemukan Meninggal karena Virus Corona di Meikarta
Beredar informasi di media sosial yang menyebutkan bahwa terdapat Tenaga Kerja Asing (TKA) China yang ditemukan meninggal karena Virus Corona di pembangunan proyek Apartemen Meikarta, Cikarang Selatan.

Faktanya, informasi tersebut adalah tidak benar. Menurut penyelidikan Kapolres Metro Bekasi, dugaan sementara meninggal karena kecelakaan kerja.

Dokter Israel Membantu Pasien Corona di China
Beredar unggahan di media sosial yang mengklaim bahwa dokter asal Israel membantu pasien Corona di China dengan percobaan vaksin produk dari Israel.
Unggahan tersebut juga menyertakan beberapa foto yang diklaim merupakan tim dokter Israel.
Faktanya, setelah ditelusuri tim AIS Kemenkominfo, foto itu bukan foto dokter Israel yang membantu pasien Corona melainkan dokter-dokter dari Israel Defense Forces (IDF) yang membantu korban Topan Haiyan pada 8 November 2013.

Hoaks Virus Corona di Sejumlah Wilayah Indonesia
Di dalam laporan tim AIS Kemenkominfo, ada beberapa berita palsu dan diinformasi terkait wabah virus corona novel (COVID-19) di Indonesia. Di antaranya:
– 7 Penumpang Lion Air di Manado Positif Terinfeksi Virus Corona
– Corona di RSUD dr. Muhammad Zayn Sampang
– Informasi Kedatangan Pasien Suspect Corona di RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar
– Satu Warga di Toraja Utara Terjangkit Virus Corona
– RSUP Haji Adam Malik Medan Rawat Pasien Virus Corona
– Ada yang Terjangkit Virus Corona di Kabupaten Bekasi
– Turis Chinda dari Bali Positif Terjangkit Virus Corona
– Turis Sepi Gegara Virus Corona Bali Jadi Kota Hantu
– Bali dan Istana Sudah Diserang Virus Corona
– Pasien Virus Corona di RS Siti Aisyah
– Kemenkes Imbau Jauhi Warga China Agar Terhindar dari Virus Corona
– Cikarang Siaga 3 Virus Corona
– Pasien Virus Corona di RSU Maumere

Video Orang Kaya di Wuhan Mulai Stres Hingga Menghamburkan Uang
Beredar video di media sosial seperti Twitter yang memperlihatkan seseorang sedang menghamburkan (membuang) sejumlah uang. Video tersebut disertai narasi yang mengklaim bahwa orang kaya di Wuhan mulai stres.

Beberapa unggahan lain menjelaskan bahwa akibat virus corona sejumlah warga Wuhan stres hingga mereka menghamburkan uang-uangnya.

Faktanya, setelah ditelusuri video tersebut merupakan video lama yang sudah dipublikasikan pada tahun 2017. Peristiwa dalam video itu sama sekali tidak terkait dengan virus corona yang mewabah saat ini.

Buruk Gagak Muncul di Wuhan Hubei karena Mencium Bau Mayat #coronavirus
Viral beredar di media sosial sebuah video ribuan burung gagak yang terbang di langit kota Wuhan. Burung-burung itu diklaim berdatangan akibat mencium bau mayat terkait banyaknya kematian di Wuhan akibat virus corona.

Pergerakan burung gagak dalam jumlah besar yang melewati kota Wuhan dan sebagian daerah Tiongkok tersebut adalah berkaitan dengan efek pulau panas (heat island) sebagai bagian dari migrasi parsial untuk beradaptasi dengan perubahan kondisi lingkungan.

Virus 2019-nCoV Buatan Negara China?
Diunggah pada platform Instagram sebuah informasi mengenai virus Corona, dalam narasinya mengklaim bahwa China yang menjadi pencipta dan produsen virus corona 2019-nCoV.

Faktanya, klaim China sebagai produsen virus 2019-nCoV tersebut adalah tidak benar. Menurut Ahli Virologi China, Shi Zhengli, menyatakan bahwa manusia tidak dapat membuat virus corona dan tuduhan bahwa virus 2019-nCoV sengaja diciptakan adalah tuduhan tidak berdasar.

The Simpsons Sudah Prediksi Virus Corona
Telah beredar informasi di media sosial yang mengatakan bahwa episode Simpsons pada tahun 1993 telah memprediksi wabah virus corona.

Faktanya, klip pendek berasal dari episode Simpsons musim keempat “Marge in Chains”, saat itu sebuah laporan berita mengumumkan ketakutan akan “Osaka Flu” dari Jepang mengenai Springfield di Amerika.

Kokain Ampuh Hancurkan Virus Corona
Beredar di media sosial sebuah gambar potongan video breaking news yang mengklaim jika kokain adalah penawar baru untuk virus corona.

Faktanya, berita tersebut adalah hoaks. Gambar dan isi berita merupakan gambar yang sengaja dibuat untuk disebarkan.

Gedung Isolasi Pasien Virus Corona Terbakar
Beredar video di media sosial Facebook yang menyebutkan bahwa hotel atau gedung tempat isolasi pasien Covid-2019 meledak terbakar.

Faktanya, gedung yang terbakar itu adalah gedung apartemen berlantai 30 di Taman California, Distrik Yubei, Kota Chongqing, Cina pada tanggal 1 Januari 2020.

Orang China Ramai-ramai Ucapkan Syahadat Agar Terhindar dari Virus Corona
Beredar postingan video di media sosial Facebook dengan narasi “Berbondong-bondong orang cina bersyahadat setelah terbukti firus corona tidak menyerang orang muslim”.

Video tersebut adalah video yang diunggah pada kanal Youtube Erandio ICDO kantor perwakilan Filipina dengan judul “Alhamdulillah Welcome to Our Brother’s in Faith”.

Minum Air Putih Sebanyak 25 Liter Per Hari dapat Sembuh dari Virus Corona
Telah beredar di media sosial sebuah unggahan foto yang bertuliskan “PRIA ASAL CHINA YANG DISEBUT “CHEN” SEMBUH DARI VIRUS CORONA DENGAN MINUM AIR PUTIH SEBANYAK 25 LITER PERHARI”.

Faktanya, pernyataan Chen yang mengaku pulih dari virus vorona baru (Covid-19) berkat minum 25 liter air per hari, baru pengakuan sepihak yang tidak didukung bukti sah maupun konfirmasi.

Virus Corona Bisa Menular Lewat Barang yang Dibeli atau Diantar dari China
Sebuah Akun Facebook mengunggah foto dengan keterangan yang mengklaim Virus Corona dapat menular lewat barang yang diantar dari China, dalam unggahan tersebut juga memperingatkan tidak membeli barang lewat aplikasi Lazada dan Shopee untuk sementara.

Orang Kulit Hitam Lebih Tahan Terhadap Virus Corona
Telah beredar informasi di sosial media yang mengklaim bahwa seorang pria Kamerun yang tinggal di China disembuhkan dari virus corona baru karena ia berkulit hitam.

Setelah ditelusuri lebih lanjut, faktanya seorang dokter dari pusat penelitian yang memiliki spesialisasi dalam kasus virus corona, Profesor Amadou Alpha Sall mengatakan bahwa tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa orang kulit hitam memiliki peluang lebih baik untuk melawan virus corona.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini