Ini Kegiatan Jemaah Haji Saat Berkumpul di Padang Arafah

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pelaksanaan wukuf di Arafah pada 9 Dzulhijah 1443  jatuh pada tanggal 8 Juli 2022. Haji tahun ini sebutannya haji akbar karena jatuh pada hari Jumat.

Jemaah haji Indonesia sesuai dengan kuota yang diberikan Arab Saudi sebanyak 100.051 orang atau terbanyak di dunia. Saat pelaksanaan wukuf nanti, jemaah asal Indonesia jadwal berangkatnya ke Padang Arafah adalah pukul 07.00. Jemaah akan berdiam di tenda-tenda yang tersebar di Padang Arafah hingga pukul 17.00.

Puncak haji atau Wukuf menjadi salah satu rukun haji yang apabila tidak dilakukan ibadah hajinya dinyatakan tidak sah. Wukuf juga sering disebut sebagai Hari Arafah dan pada hari tersebut Allah SWT beserta para malaikat menyaksikan hamba-Nya yang berkumpul di Padang Arafah.

Wukuf dimulai dari perjalanan menuju ke padang Arafah setelah terbit matahari pada 9 Dzulhijjah. Selama pejalanan ini dilakukan, jamaah haji dianjurkan membaca talbiyah, tahlil dan takbir. Selain itu jamaah haji singgah di Namirah atau sebuah bukut di luar tempat wukuf. Kemudian jamaah masuk ke area Padang Arafah setelah tergelincirnya mata hari.

Di waktu ini jamaah haji harus memantabkan hati sebaik mungkin. Diiringi membaca talbiyah sembari menantikan tahapan-tahapan ibadah wukuf. Jamaah haji melaksanakan sholat berjamaan Dzuhur dan sholat Ashar secara jamak taqdim. Kemudian jamaah haji mendengarkan khutbah Arafah yang berkaitan dengan makna wukuf, mengenal Allah, amanat Rasulullah, serta tentang khotbah wada.

Selain  itu terselip pula sisi-sisi keagamaan lainnya yang membimbing jamaah haji menuju kemantapan doa dan dzikrullah. Tahapan terakhir yaitu berdzikir, berdoa, dan membaca Al-Quran.

Reporter: Azzura Tunisya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Peningkatan Infrastruktur di Bali Bukti Komitmen Indonesia Siap Selenggarakan WWF 2024

World Water Forum Ke-10 di Bali pada 18-24 Mei 2024 diharapkan akan menghasilkan berbagai solusi masalah air termasuk sanitasi...
- Advertisement -

Baca berita yang ini