Wajib Tau! Deretan Makan Haram bagi Penderita Maag di Bulan Puasa

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Di bulan puasa, konsumsi makanan tentu menjadi hal yang perlu diperhatikan dengan saksama. Lantaran memberikan pengaruh terhadap kelancaran ibadah sehari-hari.

Terutama bagi yang menderita sakit maag, hal ini tak bisa disepelekan. Nah, berikut ini ada deretan makanan yang haram disentuh oleh penderita maag saat berpuasa.

Soda

Minuman bersoda pun dapat memicu naiknya asam lambung. Gelembung soda yang terjebak dalam perut dapat meningkatkan risiko naiknya asam lambung. Selain itu, minuman bersoda juga mengandung kafein dan juga bersifat asam sehingga bisa memperburuk kondisi penderita sakit mag.

Daging Tinggi Lemak

Kenaikan asam lambung juga dapat disebabkan oleh jenis daging tinggi lemak seperti sapi atau kambing. Pasalnya, lemak mengendap lama di perut dan dapat meningkatkan risiko kenaikan asam lambung.

Cokelat

Dibanding makanan lain, cokelat bisa menyebabkan naiknya asam lambung. Pasalnya, cokelat mengandung kafein dan stimulan seperti theobromine, yang dapat memicu naiknya asam lambung. Oleh karena itu, sebaiknya hindari makanan ini pada saat berpuasa.

Gorengan

Gorengan dan makanan banyak lemak dapat menjadi pemicu naiknya asam lambung. Makanan ini sebaiknya dihindari selama puasa karena bisa menyebabkan naiknya asam lambung.

Produk Susu Tinggi Lemak

Makanan tinggi lemak terutama dari produk olahan susu bisa menyebabkan kenaikan asam lambung. Oleh karena itu, bagi kamu yang memiliki riwayat sakit mag, sebaiknya hindari produk makanan ini.

3 KOMENTAR

  1. Terima kasih M’News atas artikel yang bermanfaat. Saya memiliki penyakit magh. Membaca artikel ini membuat saya terhenyak karena jenis – jenis makanannya sebagian adalah faforit saya. Seperti coklat dan gorengan adalah yang tidak bisa saya hindari. Tapi setelah mengetahui info ini membuat saya ingin menghentikan kebiasaan lama saya dan memperbaiki pola makan yang lebih sehat, terutama saat puasa ini. #KomenPositif

  2. Gorengan padahal makanan favorit saya tuhh, yanudah demi kesehatan perut saya yg suka maag, saya akan kurangi. Tks ya Mimin ? #KomenPositif

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini