Tips Ajak Si Kecil Puasa Pertama Kali

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sebentar lagi, umat Muslim di seluruh dunia akan menyambut bulan suci Ramadan. Kewajiban Muslim yang balig dan mampu sebagai bagian dari rukun Islam yang ketiga adalah puasa.

Selama sehari penuh berpuasa, kita dilarang minum, makan, dan melakukan hal-hal yang membatalkan puasa. Ada baiknya kamu mengajarkan puasa bagi si kecil sejak dini.

Agar si kecil tetap semangat dan bugar tanpa lemas di hari pertama kali puasa, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, di antaranya:

1. Menjelaskan tujuan puasa
Kamu bisa menjelaskan makna dari bulan Ramadan dan tujuan puasa lewat cerita menarik seperti kisah nabi. Selain itu, bisa juga mengajarkan anak bahwa menahan lapar dan haus seharian merupakan bentuk tenggang rasa bagi orang yang kurang beruntung.

2. Sahur yang cukup
Sama halnya dengan orang dewasa, sahur yang cukup dan bergizi lengkap perlu bagi anak yang akan melakukan puasa pertamanya. Hindari makanan tinggi garam dan gula karena akan menyebabkan dehidrasi saat berpuasa. Sajikan makanan tinggi serat seperti sayur dan buah untuk anak agar lebih lama kenyang.

3. Banyak konsumsi makanan berserat dan air putih
Air putih diutamakan diminum saat berbuka puasa dan sahur. Ajak si kecil mengonsumsi makanan yang banyak mengandung serat seperti sayur, buah dan makanan yang mengandung karbohidrat nasi putih, roti gandum dan beras merah yang bisa membuat kenyang lebih lama. Minum air putih 2 gelas sesudah sahur lalu setelah buka puasa juga dianjurkan. Usahakan jangan makanan yang mengandung gula.

4. Mengajak si kecil lakukan olahraga ringan
Ajak si kecil untuk olahraga di pagi hari di sekitar rumah selama 15-30 menit. Kegiatan ini bisa menjaga tubuh tetap bugar dan tidak lemas.

5. Istirahat cukup dan jangan begadang
Pastikan si kecil memiliki istirahat cukup saat malam. Tidak boleh begadang sampai menghabiskan waktu begadang untuk hal-hal yang tak penting. Jika begadang digunakan untuk ibadah, ini boleh. Tapi ingat, ibadah pun harus tahu waktu dan menjamin waktu istirahat tercukupi dengan baik.

6. Sajikan makanan favorit untuk berbuka
Dengan menyediakan makanan favorit saat berbuka, ia akan lebih bersemangat menjalani puasa pertama karena ada motivasi untuk sebuah tujuan yang ingin dicapai.

7. Berikan semangat
Ingatkan kembali tujuan berpuasa dan semangati anak setiap kali hampir menyerah. Misalnya, katakan, “Tinggal dua jam lagi, semangat ya!” Tapi ingat, tidak boleh terlalu dipaksakan ya.

Reporter: Purwati Soleha

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini