Tahukah Kamu? Puasa Bisa Tunda Penuaan Lho!

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Hari ini, umat Muslim tengah melaksanakan hari pertama ibadah puasa di bulan suci Ramadan. Momen ini tentu sudah dinanti para umat Muslim di seluruh dunia.

Sudah bukan rahasia lagi jika berpuasa kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh. Mulai dari menjaga jantung, menurunkan berat badan hingga mengontrol gula darah.

Tapi, tahukah kamu bahwa berpuasa baik untuk kesehatan kulit? Salah satunya menunda penuaan lho!

Penelitian baru menemukan bahwa puasa bisa membantu menunda penuaan pembuluh darah. Dalam penelitian tersebut, tikus yang berpuasa setiap hari mengalami tingkat penuaan yang tertunda dan hidup 83 persen lebih lama dari tikus yang tidak berpuasa.

Dr Ming-Hui Zou, direktur Center for Molecular and Translational Medicine di Georgia State University, Atlanta menunjukkan bahwa puasa membantu diri membatasi asupan kalori yang bisa menghasilkan molekul untuk menunda penuaan vaskular.

Ketika orang menjadi lebih tua, pembuluh yang memasok organ berbeda adalah paling rentan dan sensitif terhadap penuaan. Jadi, para ilmuwan fokus pada penuaan pembuluh darah.

Pada saat berpuasa, tubuh akan memproduksi keton atau Beta-hydroxybutyrate. Zou mengatakan beta-hydroxybutyrate dapat menunda penuaan pembuluh darah.

“Kami menemukan bahwa beta-hydroxybutyrate dapat menunda penuaan pembuluh darah. Itu sebenarnya hubungan kimiawi antara pembatasan kalori, puasa dan efek anti-penuaan,” kata Zou.

Meski begitu, kamu tetap dianjurkan untuk minum air putih yang cukup selama berpuasa ya. Jumlah yang baik ialah delapan gelas per hari untuk membantu mengembalikan cairan tubuh dan menjaga kulit tetap lembab.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini