Penting! Begini Tips Sebelum Vaksin Covid-19 saat Berpuasa

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Setelah dua tahun dilarang mudik untuk mengurangi transmisi Covid-19, akhirnya tahun ini pemerinah memperolehkan masyarakat untuk mudik. Namun, dengan syarat sudah melakukan vaksin booster. Kini, vaksin booster menjadi syarat untuk dibolehkan mudik.

Hal ini membuat masyarakat melakukan vaksin booster, meskipun di bulan puasa. Apakah boleh?

Jangan khawatir! MUI mengeluarkan fatwa bahwa vaksin virus Corona tidak membatalkan puasa. Jadi, bagi para muslim yang sedang berpuasa tetap bisa melakukannya.

Meskipun begitu, melakukan vaksin saat sedang puasa bisa membuat tubuhmu terasa lebih lemas. Maka, ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan sebelum Vaksinasi!

Berikut tipsnya:

1. Perhatikan kondisi kesehatan tubuh

Pastikan kamu sedang dalam kondisi yang baik. Sebelum vaksin, pastikan tubuhmu dalam kondisi yang sehat, terhindar dari demam, batuk, serta keluhan medislain.

2. Istirahat yang cukup

Kualitas tidur yang buruk sebelum melakukan vaksin, kemungkinan menyebabkan gangguan seperti mengantuk, lemas, bahkan sakit kepala. Jika tubuhmu dalam kondiri seperti itu, imun tubuhmu akan menurun.

Maka, penting untuk tidur yang cukup pada malam hari sebelumkamu melaksanakan vaksin agar kondisi tubuh lebihprima.

3. Sahur dengan makanan bergizi

Yang tidak kalah penting sebelum vaksinasi di bulan puasa adalah jangan lewatkan sahur! Kamu harus sahur denganmakan makanan yang sehat dan bergizi.

Mengonsumsi makanan bergizi bisa membantu kamu mempertahankan stamina dan sistem kekebalan tubuh.

4. Penuhi kebutuhan cairan

Selain makanan, perhatikan juga asupan cairan tubuhmu. Jangan sampai kamu kurang minum di saat sahur untukmencegah kamu dari lemas dan dehidrasi.

Minumlah 2 liter air setiap hari selama puasa, yang bisa kamu bagimenjadi 2 gelas air putih saat sahur, 2 gelas saat berbukapuasa, dan 4 gelas saat makan malam.

5. Pilih waktu vaksin yang terbaik

Pilih jam-jam yang baik untuk mendapatkan vaksin. Pagi hari merupakan waktu terbaik untuk mendapatkan vaksinCovid-19 saat puasa karena pada waktu tersebut, tubuhberada dalam kondisi dan energi yang baik.

Tapi apabila takut akan efek samping pasca vaksin, kamu bisa melakukannya di sore hari dekat dengan waktu buka puasa agar kamu bisa beristirahat setelah berbuka puasa.

Nah, itu dia beberapa tips yang mungkin kamu perlu tahudan lakukan sebelum kamu mendapatkan vaksin Covid-19 agar tubuhmu tidak lemas dan tetap fit!

Reporter: Dinda Nurshinta

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Semua Pihak Perlu Bersinergi Wujudkan Pilkada Damai

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan momen penting dalam kehidupan demokrasi di Indonesia. Pilkada tidak hanya sekadar agenda politik,...
- Advertisement -

Baca berita yang ini