Jangan Sekedar Manis, Ini Menu Makanan Sehat yang Bisa Dikonsumsi untuk Berbuka Puasa
hidangan lezat untuk berbuka puasa di berbagai negara

MATA INDONESIA, JAKARTA – Makanan yang manis sudah lumrah menjadi pilihan untuk berbuka karena dinilai bisa mengembalikan tenaga. Namun yang paling penting adalah mengonsumsi banyak air serta makan makanan yang rendah lemak dan mengandung gula alami.

Beberapa makanan tersebut seperti kurma. Makanan ini memiliki gula alami yang bisa memberikan energi. Selain itu, kurma juga mengandung mineral yaitu kalium dan serat.

Tidak hanya kurma, makanan berkuah seperti sup atau soto juga bisa menjadi pilihan. Mengingat cairan yang ada di makanan tersebut bisa memberikan nutrisi yang cukup dan membuat kenyang. Kemudian, ada juga alpukat dan telur rebus. Kedua makanan ini mengandung lemak yang mudah dicerna oleh lambung dan usus.

Anjuran untuk mengonsumsi makanan dan minuman ini tidak lepas dari saran dari dokter sekaligus ahli gizi dr Tan Shot Yen. Ia menegaskan sebaiknya mengonsumsi makanan atau minuman manis tidak secara sembarangan.

“Hati-hati dengan hipnotis iklan, saya enggak pernah setuju dengan minum manis (untuk berbuka puasa), gula darah dan insulinnya ikut kejut, ngeri dan merusak,” kata Tan.

Maka, untuk menggantikannya bisa dengan mengonsumsi biji buah kurma. Ia menilai bahwa kurma bisa menyehatkan karena kandungan zat-zat tersebut.

“Manisnya kurma, nggak sama dengan the manis dan kolak,” kata Tan.

 

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here