5 Waktu Mustajab Berdoa di Bulan Ramadan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh kemulian dan keberkahan. Semua umat muslim berlomba-lomba meraih pahala.

Bukan hanya berlomba-lomba untuk mendapatkan pahala, bulan Ramadan diyakini umat muslim segala hajat dan keinginan kita dapat dikabulkan Allah SWT.

Bulan Ramadan memang memiliki waktu-waktu yang mustajab untuk berdoa. Pada waktu tersebut doa seorang hamba berpeluang besar dikabulkan oleh Allah.

Berikut ini waktu-waktu mustajab berdoa di bulan Ramadan:

1. Momen sepertiga malam dan waktu sahur
Saat tengah malam sekitar pukul 02.00 dini hari hingga imsak, umat Islam dianjurkan memanjatkan doa kepada Allah SWT. Pada waktu tersebut doa yang dipanjatkan Insya Allah dikabulkan.

Hal ini tergambar dalam hadis yang diriwayatkan Abu Hurairah bahwasanya Nabi Muhammad bersabda:

“Rabb [Tuhan] kita tabaraka wa ta’ala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Allah berfirman, ‘Siapa saja yang berdo’a kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, maka akan Aku ampuni’,” (H.R. Bukhari dan Muslim).

2. Saat menjalankan puasa
Saat menjalankan ibadah puasa waktu paling mustajab agar doa dikabulkan Allah SWT. Hal ini dijelaskan Abu Hurairah R.A bahwa Nabi Muhammad SAW pernah bersabda:

“Tiga orang yang doanya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan doa orang yang dizalimi.” (HR. Ahmad 2: 305. Syaikh Syu’aib Al Arnauth.

3. Saat berbuka puasa
Ketika berbuka puasa adalah saat yang penuh berkah, karena pada saat ini manusia merasakan salah satu kebahagiaan. Ketika memanjatkan doa saat berbuka puasa, Insya Allah dapat dikabulkan. Hal ini tercantum dalam hadis riwayat Tirmidzi dan Ibnu Majah Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Ada tiga orang yang doanya tidak ditolak: (1) Pemimpin yang adil, (2) Orang yang berpuasa ketika dia berbuka, (3) Doa orang yang terzalimi.” (HR. Tirmidzi no. 2526, 3598 dan Ibnu Majah no. 1752.

4. Malam Lailatul Qadar
Seperti yang kita ketahui, malam Lailatul Qadar adalah malam penuh berkah. Malam Lailatul Qadar dalam Al Quran digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan, dan juga diperingati sebagai malam diturunkannya Al Quran.

Tirmidzi dan Ibnu Majah meriwayatkan:”Aku bertanya kepada Rasulullah: Wahai Rasulullah, menurutmu apa yang sebaiknya aku ucapkan jika aku menemukan malam Lailatul Qadar? Beliau bersabda: ‘Berdoalah, Allahumma inna ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni’ (Ya Allah, sesungguhnya engkau Maha Pengampun dan menyukai sifat pemaaf. Maka ampunilah aku)

5. Ketika sujud dalam salat
Sujud merupakan posisi terdekat seorang hamba dengan Allah. Oleh sebab itu, saat sedang bersujud berdoalah dan Insya Allah waktu ini mustajab untuk memohon supaya keinginan dikabulkan.

Rasulullah SAW bersabda: “Seorang hamba yang berada paling dekat dengan Rabb-nya ialah ketika ia sedang bersujud. Maka perbanyaklah berdoa ketika itu.” (H.R. Muslim)

Reporter: Purwati Soleha

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini