5 Keutamaan Puasa Ramadan yang Bikin Umat Islam Rindu

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTAKeutamaan puasa Ramadan jika dilakukan dengan baik sesuai dengan tuntunan Al-Quran dan Sunah akan terlepas dari dosa-dosa sehingga menjadi bersih kembali seperti bayi yang baru dilahirkan dari rahim ibunya.

Puasa Ramadhan hukumnya wajib. Allah SWT berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 183:

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,”

Bulan suci penuh berkah ini yang hanya datang 1 bulan sekali selama 12 bulan. Banyak hal yang dirindukan dari momen-momen saat bulan Ramadan, terutama faedah dan keutamaan puasa.

Berikut 5 keutamaan puasa Ramadhan dikutip dari buku ‘Menyambut Ramadhan’ yang ditulis Ustaz Saiyid Mahadhir MA:

1. Terbukanya Pintu-Pintu Surga

Nabi Muhammad S.A.W Bersabda:

“Telah datang Bulan Ramadhan, bulan penuh berkah, maka Allah mewajibkan kalian untuk berpuasa pada bulan itu, saat itu pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, para setan diikat dan pada bulan itu pula terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan”. (HR. Ahmad)

2. Untuk penebus dosa

Dosa-dosa yang telah lalu juga akan diampuni sebagai mana yang disebutkan dalam hadits ini. “Siapa yang puasa Ramadan dengan iman dan ihtisab, telah diampuni dosanya yang telah lalu. Dan siapa yang bangun malam Qadar dengan iman dan ihtisab, telah diampuni dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari Muslim).

Selain itu, dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Salat lima waktu dan Jumat ke Jumat berikutnya, Ramadan ke Ramadan berikutnya menghapus dosa (seseorang) di antara waktu tersebut selama ia menjauhi dosa-dosa besar.” (HR. Muslim).

3. Penuh keberkahan

Di bulan Ramadan akan dipenuhi dengan keberkahan. Rasulullah SAW bersabda: “Telah datang kepada kalian bulan Ramadan, bulan penuh keberkahan. Allah SWT telah mewajibkan kepada kalian berpauasa di dalamnya, di bulan itu pintu-pintu langit akan dibuka dan pintu-pintu neraka akan ditutup, di bulan itu setan-setan akan diikat, di bulan itu ada malam yang lebih baik daripada seribu bulan, barangsiapa terhalang mendapatkan kebaikannya maka sungguh ia telah terhalang.” (HR. An-Nasai)

4. Dihapuskan Dosa Hingga Ramadan Berikutnya

Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah saw bersabda: “Salat lima waktu dan jumat ke Jumat berikutnya, Ramadan ke Ramadan berikutnya menghapus dosa (seseorang) di antara waktu tersebut selama ia menjauhi dosa-dosa besar.” (HR. Muslim)

5. Berpuasa dan Tadarrus Al-Quran

Rasulullah S.A.W Bersabda:
Artinya bahwa: “Puasa dan Al-Quran akan memberikan syafaat seorang hamba pada hari kiamat. Puasa berkata: “Ya Rabbi, aku mencegahnya dari makan dan minum di siang hari”. ِAl-Qur’ an juga berkata: “Aku mencegahnya dari tidur dimalam hari, maka kami mohon syafaat buat dia.” Beliau bersabda: “Maka keduanya dibolehkan memberi syafaat”. (HR Ahmad)

Reporter: Mala Komala

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini