Ya Allah, Harga Tabung Oksigen di Jakarta Alami Kenaikan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA  – Melonjaknya kasus Covid-19 di wilayah DKI Jakarta menyebabkan meningkatnya permintaan akan tabung oksigen. Ketua Himpunan Pedagang Farmasi Pasar Pramuka, Edy Haryanto mengatakan, hal tersebut  membuat harga tabung oksigen di wilayah Pasar Pramuka, Jakarta Timur juga ikut naik.

Akan tetapi, Edy tidak merinci seberapa besar kenaikan harga tabung oksigen. Ia juga mengatakan, penjualan tabung oksigen di antara pedagang di kawasan Jakarta Timur tidak tentu.

“Rata-rata hitungannya tidak bisa harian, kadang dalam sehari tida bisa keluar lima atau enam tabung. Jadi rata-ratanya bulanan. Per bulan bisa menjual 40 hingga 50 tabung. Sekarang bisa 60 tabung secara keseluruhan,” kata Edy.

Meski harga jual mengalami peningkatan, Edy memastikan bahwa stok tabung oksigen di wilayah Jakarta Timur dapat memenuhi permintaan yang meningkat sebesar 15 persen dibanding waktu normal.

Edy mengungkapkan bahwa tingginya permintaan akan tabung oksigen medis yang terjadi di waktu yang sama, lantaran para pedagang tidak menyiapkan stok dan tidak memprediksi kasus Covid-19 akan mengalami lonjakan seperti saat ini.

“Mungkin karena permintaan juga berbarengan jadi pas di toko kan tidak banyak, tapi enggak ada masalah,” sambungnya.

Sementara Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengungkapkan bahwa kebutuhan tabung oksigen mengalami lonjakan hingga 3 kali lipat dibanding waktu normal. Ia mengatakan bahwa kendala pasokan oksigen untuk pasien terinfeksi virus corona di DKI Jakarta karena stok menipis dan distributor yang kekurangan tenaga pengantar, serta armada untuk mendistribusikan ke berbagai rumah sakit.

“Teman-teman distributor punya pasokan oksigen yang cukup namun terkendala kekurangan armada dan orang untuk mengantarkan ke RSUD-RSUD kita, seiring meningkatnya permintaan,” ujar Anies dikutip dari akun Instagram-nya, Senin, 28 Juni 2021.

“Kami di Pemprov punya kebutuhan dan punya sumber daya manusia utk membantu distribusi mengantar sampai RSUD. Dan alhamdulillah, langsung dieksekusi jajaran, dari Satpol PP, Dinas Pertamanan dan Hutan Kota, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Bina Marga hingga Dinas Sumber Daya Air Prov. DKI Jakarta ikut membantu memastikan distribusi oksigen lancar ke RS-RS kita,” tuntasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tekan Angka Pengangguran, Pemkab Sleman Selenggarakan Job Fair

Mata Indonesia, Sleman - Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo membuka secara resmi penyelenggaraan job fair tahun 2024 bertempat di Atrium Sleman City Hall, pada Minggu (19/5). Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Sleman bersama Kepala Pusat Pasar Kerja Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Muhammad Yusuf.
- Advertisement -

Baca berita yang ini