Wow, Tahun Depan Papua Bakal Punya Jaringan Kereta Api Perdana

Baca Juga

MINEWS.ID, MANOKWARI – Tahun depan di tanah Papua dijadwalkan memiliki jalur kereta api, meski untuk jarak dekat yaitu sepanjang 75 kilometer.

Kepala Bidang Perkeretaapian Dinas Perhubungan Papua Barat, Max L Sabarofek mengungkapkan hingga kini Pemerintah Provinsi Papua Barat sudah menyelesaikan dua studi untuk pembangunan jaringan kereta api.

Keduanya adalah analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal) dan studi land acquisition and restlement action plan (Larap).

Menurut Max L Sabarofek tahap pertama jalur kereta itu akan menghubungkan Kota Sorong ke pusat Kabupaten Sorong sejauh 75 kilometer.

Tahun ini, dia menegaskan akan berupaya menyelesaikan Studi Larap. Jika studi itu selesai maka tahun depan sudah bisa dilakukan peletakan batu pertama.

Pemerintah daerah, lanjut Sabarofek, cukup antusias menyambut proyek yang dibangun untuk menghadirkan moda transportasi baru di tanah Papua itu. Seluruh kepala daerah dari gubernur hingga bupati dan wali kota sudah memberikan rekomendasi atau persetujuan.

Saking antusiasnya, studi Amdal dan Larap dibiayai APBD masing-masing daerah, padahal biasanya kedua studi itu menggunakan anggaran kementerian.

Presiden Jokowi dijadwalkan bisa melakukan peletakan batu pertama tahun depan di Kota Sorong.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini