Wow, Gaya Hidup Orang Indonesia Disebut Sehat, Filipina dan Thailand Parah

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Meski warganya sering mencibir kualitas pelayanan kesehatan kita, ternyata Indonesia dinilai memiliki gaya hidup yang sehat di antara 12 negara Asia Pasifik (Apac Nations). Meskipun bukan yang pertama tetapi Indonesia masuk 6 besar.

Laman valuechampion.sg, memperoleh fakta itu dari data perkembangan penyakit tidak menular (NCD) organisasi kesehatan dunia atau WHO periode 2016-2018.

Data yang diamati dan diverifikasi adalah penduduk 12 negara tersebut yang berusia 15 tahun atau lebih.

Tolok ukurnya adalah kebiasaan warga yang bisa menghasilkan 3 penyakit NCD seperti rata-rata konsumsi alkohol per tahun, konsumsi tembakau rata-rata per tahun dan seberapa banyak faktor risiko biologis yang berkembang seperti obesitas, tekanan darah dan kolesterol.

Setelah melakukan verifikasi studi Value Champion menemukan bahwa warga Singapura memiliki gaya hidup tersehat dari 12 negara lainnya.

Disusul dengan Australia di tempat kedua, lalu Cina, Jepang dan Vietnam. Di tempat keenam barulah Indonesia.

Jika di antara negara-negara ASEAN, Indonesia menduduki peringkat kedua negara dengan warga negara yang memiliki kehidupan sehat. Di tempat pertama tentu saja Vietnam.

Filipina dan Thailand ternyata merupakan negara yang pola hidup warganya sangat berisiko tinggi. Keduanya secara berurutan berada pada posisi dua dari bawah. Thailand terakhir dan Filipina tempat ke-11.

Di antara 12 negara Apac, warga Filipina tercatat paling tinggi mengonsumsi minuman beralkohol dalam setahun. Setiap orang rata-rata mengonsumsi 10,5 liter alkohol dalam setahun.

Padahal alkohol sangat berkaitan erat dengan penyakit yang mematikan seperti kanker dan sirosis hati.

Orang Filipina juga paling banyak yang mengonsumsi tembakau di antara 12 negara lainnya. Akibatnya tingkat kolesterol mereka lebih tinggi dari warga negara di kawasan tersebut.

Sementara konsumsi alkohol warga Thailand dalam setahun juga sangat tinggi. Setidaknya 5,4 persen penduduk negeri Gajah Putih itu adalah peminum alkohol.

Sedangkan 1 dari lima warga Thailand dipastikan rutin mengonsumsi tembakau sepanjang tahun. Thailand jugan diketahui memiliki tingkat obesitas yang tinggi. Kondisi yang memicu banyak penyakit NCD seperti kolestrol dan hipertensi.

Untuk data lebih detil silakan akses; https://www.valuechampion.sg/which-apac-nation-has-healthiest-lifestyle

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini