Wisata Pulau Komodo bakal dibuka pemerintah NTT Juni mendatang
Wisata Pulau Komodo bakal dibuka pemerintah NTT Juni mendatang

MATA INDONESIA, JAKARTA-Saat ini mungkin semua orang sudah jenuh karena hampir 3 bulan lamanya berada di rumah dan tidak bisa berpergian jauh karena wabah virus corona.

Nantinya, usai wabah selesai, hampir semua masyarakat di dunia bakal menyerbu lokasi wisata untuk melepas penat karena bosan di rumah.

Nah, melihat peluang tersebut, pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) bakal membuka semua destinasi wisata unggulan di sana pada 15 Juni 2020.

Kepala Biro Humas dan Protokol Sekretaris Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur, Marius Ardu Jelamu mengatakan keputusan itu diambil dalam rapat koordinasi Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat dengan para bupati dan Wali Kota Kupang tentang tata kelola pemerintahan di NTT.

Dalam rapat yang berlangsung secara virtual itu disepakati pembukaan kembali semua akses pariwisata untuk mendukung pembangunan ekonomi masyarakat dan pelaku usaha wisata di NTT.

“Destinasi wisata dibuka seiring dengan keputusan pemerintah NTT mengaktifkan kembali kegiatan pembangunan dan pelayanan pemerintahan yang secara serentak pada 15 Juni 2020,” kata Marius Ardu Jelamu dalam keterangan pers di Kupang, Selasa 26 Mei 2020.

Artinya kata dia pada tanggal itu pula, wisatawan domestik maupun mancanegara boleh masuk ke NTT.

Marius Ardu Jelami menjelaskan beberapa destinasi wisata unggulan, seperti Pulau Komodo di Kabupaten Manggarai Barat, Wae Rebo di Kabupaten Manggarai, serta destinasi wisata di Pulau Sumba, Alor, Rote Ndao, dan Sabu Raijua.

“Pemerintah kabupaten yang memiliki destinasi wisata yang biasanya ramai pengunjung diharapkan mengantisipasi kondisi lonjakan wisatawan,” kata Marius.

Saat sebuah objek wisata dibuka untuk umum, maka pengelola wajib menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus corona.

Protokol kesehatan yang dimaksud antara lain mengatur jumlah atau kapasitas pengunjung dalam sebuah destinasi wisata, menerapkan physical distancing, pemeriksaan kesehatan termasuk pengecekan suhu tubuh para wisatawan dan petugas di tempat wisata, menyediakan tempat cuci tangan, dan sebagainya.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here