Waspada! Asteroid Apophis Bergerak Cepat Menuju Bumi, Potensi Ledakan 880 Juta Ton TNT

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Sebuah asteroid Apophis yang mendapat gelar Dewa Kekacauan bergerak sangat cepat dan dapat menghantam planet Bumi dalam 48 tahun.

Para astronom di Universitas Hawai’i mengonfirmasi bahwa asteroid Apophis mengalami percepatan di jalurnya karena radiasi yang tidak seragam, yang bertindak seperti pendorong kecil.

Sebelum penemuan itu, dampak tersebut dikatakan tidak mungkin, tetapi temuan baru menunjukkan asteroid itu memiliki peluang untuk menabrak Bumi pada 12 April 2068 dan itu bisa menjadi bencana besar.

Apophis memiliki lebar lebih dari 1.000 kaki (305 meter) dan dampaknya bila menghantam Bumi setara dengan 880 juta ton trinitrotoluene (TNT) yang meledak sekaligus.

Apophis ditemukan pada 19 Juni 2004 oleh astronom di Kitt Peak National Observatory di Arizona. Sejak itu asteroid tersebut telah dilacak saat mengorbit matahari, yang diselesaikannya kurang dari satu tahun Bumi.

Para peneliti melihat Aphophis dengan teleskop Subaru awal tahun ini dan mendapati kecepatannya bertambah setelah analisis tersebut, yang dikenal sebagai efek Yarkovsky.

Ketika tubuh asteroid itu memanas di bawah sinar matahari, ia memancarkan kembali energinya sebagai panas, yang bertindak sebagai pendorong kecil untuk benda kosmik.

Para astronom mengatakan bahwa sebelum efek itu terjadi, dampak pada tahun 2068 tidak mungkin, tetapi mereka telah mengubah pandangan mereka.

Dave Tholen, salah satu astronom, mengatakan beberapa pengamatan baru yang diperoleh dengan teleskop Subaru awal tahun ini cukup baik untuk mengungkap percepatan Yarkovsky di Apophis, dan pengamatan itu menunjukkan bahwa asteroid tersebut menjauh dari orbit gravitasi murni sekitar 170 meter per tahun, yang cukup untuk menjaga skenario dampak 2068 tetap berjalan.

Apophis juga telah diberi gelar ancaman tertinggi ketiga di Tabel Sentry Risk NASA, Gizmodo melaporkan. Tabel tersebut memperkirakan bahwa ada satu dari 150.000 kemungkinan asteroid menghantam Bumi dalam 48 tahun, tetapi Tholen mengatakan kepada Gizmodo bahwa kemungkinannya lebih dekat dengan satu dari 530.000. Angka ini menjelaskan efek Yarkovsky.

Asteroid tersebut mengandung nikel dan besi dan citra radar menunjukkan bahwa asteroid tersebut memanjang dengan dua lobus, membuatnya terlihat seperti kacang.

Para peneliti mencatat bahwa lebih banyak pengamatan perlu dilakukan untuk memahami amplitudo efek Yarkovksy dan bagaimana pengaruhnya terhadap orbit Apophis sedang berlangsung. Mereka berencana untuk mengetahui dengan baik sebelum tahun 2068 jika ada kemungkinan terjadinya dampak.

Ketika Apophis pertama kali ditemukan, para ahli mengatakan ada kemungkinan 2,7 persen dampak Bumi pada tahun 2029, tetapi sekarang data menunjukkan bahwa Apophis lewat dengan aman dalam jarak 19.794 mil (31.855 km) dari Bumi. Ini adalah pendekatan terdekat oleh asteroid sebesar ini yang telah diketahui para ilmuwan sebelumnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini