Warga Turki Dihebohkan dengan Kemunculan Ratusan Lubang Raksasa, Ternyata Ini Penyebabnya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Sejak awal tahun 2021, warga Turki dihebohkan dengan kemunculan ratusan lubang raksasa atau sinkhole di Provinsi Konya. Kemunculan sinkhole itu berfokus pada pertanian dan jumlahnya hampir dua kali lipat.

Dikutip dari Oddity Central, Selasa 27 April 2021, penyebab sinkhole itu tettap bermunculan karena alasan manusia.

Provinsi Konya, yang terletak di Daratan Konya adalah wilayah yang dikenal sebagai keranjang roti Turki karena lautan gandum yang luas.

Walau Konya tetap menjadi pusat pertanian utama negara, kekeringan terus-menerus yang melanda para petani di daerah ini telah menyebabkan masalah yang tidak terduga yang semakin memburuk dalam beberapa tahun terakhir.

Profesor Fetullah Arik, kepala Pusat Penelitian Sinkhole di Universitas Teknik Konya mengatakan bahwa sinkhole tersebut adalah fenomena yang baru diamati sepuluh hingga 15 tahun terakhir tetapi penyebab masalahnya dapat ditelusuri kembali ke tahun 1970-an saat irigasi air tanah yang tidak terkendali dimulai di daerah tersebut.

“Para petani juga mencoba mencari solusi, dengan mengisi lubang runtuhan tetapi pada akhirnya tidak dapat diisi dengan baik karena kekosongan di bawah tanah lebih luas dari yang terlihat oleh mata,” katanya.

Saat ini, ada 660 sinkhole yang terdokumentasi di Provinsi Konya. Jumlah yang hampir dua kali lipat dari 350 yang terhitung tahun lalu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini