Wajib Tahu Gaes! Ini Tahapan Tes Virus Corona pada Seseorang

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Penyebaran virus corona di Indonesia makin meluas, hal itu dibuktikan dengan terus meningkatnya jumlah kasus tersebut setiap harinya.

Kasus positif virus Corona di Indonesia pertama kali terdeteksi pada Senin, 2 Maret 2020. Hal tersebut pertama kali diumumkan oleh Presiden Joko Widodo.

Sejak corona merebak banyak orang di Indonesia yang terinfeksi oleh virus ini. Berbagai upaya dilakukan untuk mengantisipsi serangan Covid-19.

Salah satu cara yang dilakukan masyarakat adalah dengan melakukan cek kesehatan. Lalu bagaimana cara untuk mengecek apakah kita terinfeksi virus corona atau tidak?

Berikut beberapa tahapan menjalani Tes Virus Corona bagi seseorang apakah dia terinfeksi atau tidak.

  1. Tahap Administrasi

Tahap pertama adalah pengisian administrasi. Pendaftar yang hendak menjalankan tes Corona harus mengisi form yang berisi sejumlah pertanyaan dan data diri.

Hal ini dilakukan untuk mengetahui track record atau riwayat dari pendaftar yang ingin melakukan tes Virus Corona.

  1. Tahap Wawancara

Setelah menyerahkan formulir yang di isi oleh pendaftar, selanjutnya petugas kesehatan akan bertanya terkait keluhan. Petugas akan bertanya gejala apa yang dirasakan atau pernah tidak berkontak dengan pasien positif corona.

Petugas juga akan bertanya mengenai riwayat perjalanan, pernah atau tidak pergi ke luar negeri atau daerah yang telah dikonfirmasi positif corona.

Semua pendaftar yang datang ke Pos Pemantauan di Rumah Sakit yang ditunjuk oleh pemerintah akan diarahkan untuk Medical Check Up (MCU). Baik dengan gejala ringan, sedang, ataupun tak bergejala pasien akan diarahkan untuk MCU.

  1. Tahap Medical Check Up

Setelah melalui dua tahap sebelumnya, petugas akan mengarahkan untuk tes MCU. Tes tersebut dimulai dari pemeriksaan fisik, berat dan tinggi badan, ukur tensi, tes darah, dan rontgen paru.

Tes MCU bukan tes virus corona. Sebab hasil tes MCU tidak bisa menunjukkan positif dan negatif corona.

Tes MCU hanya bisa melihat gejala klinis yang dialami berdasarkan hasil rontgen paru. Apabila saat MCU ada gejala terjangkit virus corona maka di lanjutkan tes swab atau usap lendir.

  1. Tes Swab

Tes swab adalah tes yang dilakukan untuk memastikan terjangkit virus corona atau tidak. Tes tersebut dilakukan dengan pengambilan spesimen lendir di saluran pernafasan yang kemudian diteliti apakah mengandung virus corona atau tidak.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini