Waduh! Pria Ini Tak Sengaja Telan Sikat Gigi, Posisi Bukan Nyangkut di Tenggorokan

Baca Juga

MATA INDONESIA, PERTIN – Kejadian tak terduga dialami seorang pria di India saat dirinya sedang menggosok gigi. Sikat gigi yang digunakan tak sengaja tertelan hingga masuk ke dalam perut.

Dilansir dari Metro, Rabu 23 September 2020, insiden ini terjadi saat menggosok bagian di belakang mulutnya. Akibatnya, ia pun harus menjalani operasi untuk mengeluarkan sikat gigi sudah berada di dalam perutnya.

Menurut laporan, pria berusia 39 tahun tersebut mulanya sedang menggosok gigi pada 15 September. Ketika menggosonk bagian belakang mulutnya, sikat giginya tergelincir dan masuk ke dalam tenggorokannya.

Dia bergegas ke klinik kesehatan terdekat yang kemudian merujuknya ke rumah sakit yang jauhnya lebih dari 100 kilometer. Bomni Tayeng, seorang ahli bedah senior di Rumah Sakit Umum Bakin Pertin, Pradesh, India, mengatakan pasien itu dibawa dari rumah sakit swasta di Pasighat.

“Dari sana, dia dirujuk ke rumah sakit kami,” kata Tayeng. “Dokter bedah THT rumah sakit kami menyelidiki pasien dan berencana untuk melakukan esofagoskopi (pengecekan kerongkongan), sementara saya memeriksa pasien sekitar jam 6 sore,” tambah dia.

Tayeng mengatakan saat dilakukan esofagoskopi, dokter tidak dapat melihat sikat giginya. “Ini berarti sikat gigi telah masuk ke dalam perut,” ujar Tayeng.

Tim dokter pun langsung menggelar operasi untuk mengambil sikat gigi itu dari dalam perut. Beruntung sikat gigi sepanjang 19 sentimeter itu berhasil diangkat dari perutnya.

Dia menambahkan bahwa pasien tidak merasakan sakit apa pun setelah menelan sikat gigi dan hanya mengalami sedikit ketidaknyamanan di perut bagian atas.

“Karena sikat gigi tidak dapat dideteksi melalui rontgen, saya kemudian memutuskan untuk melakukan proses laparotomi (operasi bedah perut) dengan bius total,” sambung Tayeng.

Pria tersebut dirawat di rumah sakit beberapa saat setelah dioperasi dan dipulangkan beberapa hari kemudian. Keesokan harinya, pasien tersebut sudah bisa minum cairan melalui mulutnya dan dipulangkan pada 21 September.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini