Viral, Mahasiswi Hindu Pertama yang Lulus Jadi Dokter di Universitas Muslim

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pertama kali terjadi dan langsung viral, setelah seorang Hindu bernama Ni Made Ayu Masnathasari menjadi lulusan beragama lain pertama di Universitas Muslim Indonesia (UMI), Makassar, Sulawesi Selatan, yang dikutip Minggu 20 September 2020. Ayu lulus memperoleh gelar dokter setelah berkuliah selama 5,8 tahun.

Mengetahui Ayu lulus, seorang Dekan Fakultas Teknologi Industri UMI, Zakir Sabhara, membuat vlog di hari kelulusan Ayu, Kamis 17 September 2020.

Itu memang fenomena langka sekali karena sebuah perguruan Islam mau menerima mahasiswa beragama Hindu dan mungkin satu-satunya mahasiswi beragama lain di kampus itu.

Namun, Ayu harus mengenakan kerudung dan baju kurung selama mengikuti perkuliahan. Meski begitu, setelah lulus dia tidak berpindah keyakinan, tetap menjadi seorang Hindu yang baik.

Ayu mengaku pada awalnya merasa kesulitan karena harus mengenakan baju kerudung selama mengikuti perkuliahan.

Namun, dia mengaku setiap haris banyak belajar perbedaan keyakinan karena setiap hari menurutnya selalu ada tantangan baru, namun dia tidak mengungkapkannya.

Saat menjadi mahasiswa baru UMI, yang mengikuti pendidikan pesantren selama satu bulan, Ayu diberikan kompensasi tidak ikut pesantren. Tapi dia harus belajar di Pura sesuai keyakinannya.

Orang tua Ayu berasal dari Tabanan, Bali. Ayahnya seorang guru olahraga SMP di Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini