Vaksin Buatan Cina Diklaim Efektif Memerangi Covid-19 Varian Delta

Baca Juga

MATA INDONESIA, BEIJING – Duta Besar Cina untuk ASEAN, Deng Xijun menegaskan bahwa vaksin Covid-19 buatan Negeri Tirai Bambu efektif memerangi varian delta yang pertama kali diidentifikasi di India.

“Epidemiolog top dari Cina, Nanshan mengatakan pada Jumat bahwa vaksin Cina efektif melawan varian covid19 delta, mendorong lebih banyak orang untuk divaksin,” tulis Xijun dalam akun Twitter, @China2ASEAN.

Menurutnya, Covid-19 varian delta memiliki waktu inkubasi yang lebih rendah daripada mutasi awal virus yang telah menewaskan 3,9 juta jiwa di seluruh dunia itu. Namun, pasien yang terinfeksi Covid-19 varian delta membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh.

Sejak kasus Covid-19 ditemukan pada akhir tahun 2019, Cina bekerja keras untuk menemukan vaksin. Dan hasilnya, Cina telah memproduksi dua vaksin yang kini digunakan di sejumlah negara di dunia, di antaranya: Coronavac dari Sinovac Biotech dan Sinopharm dari China National Pharmaceutical Group.

Indonesia bahkan telah memesan jutaan vaksin Sinovac untuk program vaksin pemerintah. Sementara vaksin Sinopharm digunakan dalam program vaksin gotong royong.

Sebelumnya, Sinovac mengklaim bahwa vaksin Covid-19 buatan mereka memang tidak dapat menjamin perlindungan 100 persen terhadap virus corona baru. Namun, kepada Global Time, Sinovac memastikan, vaksin buatan mereka dapat mengurangi gejala infeksi dan secara efektif mencegah kematian akibat Covid-19.

Klaim tersebut diperkuat dengan penelitian yang dilakukan oleh Wei Sheng, profesor di School of Public Health of Tongji Medical College of Huazhong University of Sciences and Technology, yang mengatakan bahwa berdasarkan hasil uji coba terbaru, vaksin Sinovac efektif melawan varian Delta.

Kemudian, mengacu pada pengalaman pencegahan dan pengendalian pandemi di Guangzhou, risiko penyakit parah dapat berkurang terhadap mereka yang sudah divaksinasi ketimbang yang belum disuntik vaksin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini