Ubah Surabaya Jadi Zona Oranye, BIN Jadi ‘Pahlawan Kemanusiaan’

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Di Hari Pahlawan, Badan Intelijen Negara (BIN) menerima penghargaan dari Pemerintah Kota Surabaya karena dinilai menjadi “Pahlawan Kemanusiaan” menekan kasus Covid19 di kota tersebut.

Penghargaan diberikan langsung oleh Walikota Surabaya Tri Rismaharini kepada Medical Intelijen BIN.

“Momen Hari Pahlawan ini adalah untuk menjadi lebih baik, lebih sejahtera. Hari ini, kami dari Pemkot Surabaya memberikan penghargaan kepada Medical Inteijen BIN sebagai pahlawan karena mereka begitu membantu kami dalam penanganan Covid19 saat Surabaya masuk dalam zona merah,” kata Risma, Selasa 10 November 2020.

Medical Intelijen BIN menggelar rapid test dan swab test massal atas instruksi Kepala BIN Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan di Surabaya selama kurang satu bulan sejak Mei sampai Juni 2020.

Selama satu bulan itu hasil deteksi dini BIN langsung ditindaklanjuti dengan pencegahan penyebaran virus SARS-Cov-2 penyebab Covid19.

Risma mengatakan “Pahlawan Kemanusiaan” layak diberikan kepada BIN karena Kota Surabaya kini memiliki angka kasus Covid19 relatif kecil dan penyebarannya dikategorikan sebagai oranye.

Sementara Staf Khusus Kepala BIN Mayjen TNI Suyanto mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Surabaya yang telah memberikan penghargaan untuk BIN.

Suyanto mewakili Kepala BIN Budi Gunawan turut mengapresiasi langkah Pemkot Surabaya dalam menekan penyebaran Covid19.

Menurutnya, keberhasilan Surabaya menekan kasus Covid19 karena hasil kerja keras seluruh pemangku kebijakan, seperti TNI, Polri maupun BNPB.

“Saya ketika itu sebulan di sini pas Surabaya zona merah. Ini hasil kerja keras Ibu Walikota, Gugus Tugas Surabaya. Seperti amanat Ibu Walikota tadi di Hari Pahlawan, ayo perangi pandemi COVID-19. Jangan takut, kita harus lawan,” ujar Mayjen Suyanto.

Cara melawannya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid19. Meski angka kasus sudah menurun di Surabaya, penerapan prokes harus tetap dilakukan.

Berikut nama-nama Medical Intelijen BIN yang mendapatkan penghargaan dari Pemkot Surabaya di Hari Pahlawan 10 November 2020 :

1. Kepala BIN Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan
2. Sekretaris Utama BIN Komjen Pol Bambang Sunarwibowo
3. Staf Khusus KaBIN Mayjen TNI Suyanto
4. Kepala Biro Logistik BIN, Priyo Aji Ngudiwaskito
5. KaBINda Jatim Brigjen TNI Moch Syafei Kasno
6. Kasubdit Administrasi dan Personel pada Direktorat-51 Kolonel Inf Budi Santoso
7. Kabag Duk Ops pada Binda Jatim Moch Hamzah dan seluruh anggota tim Medical Intelijen BIN.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini