Transformasi Digital Membawa Banyak Peluang Positif Ketimbang Negatif

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Ruang digital yang terus bertransformasi mengikuti perkembangan secara terus menerus, tak dapat dipungkiri memunculkan dua hal berlawanan, yakni yang bersifat negatif dan positif.

Namun, menurut Dirjen Aptika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Semuel Abrijani Pangerapan, transformasi digital dapat membawa lebih banyak peluang positif, yang dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin.

“Bagaimana kita menekan efek negatifnya, supaya manfaatnya bisa lebih dikembangkan. Inilah yang kita lakukan di Kominfo,” kata Semuel, dalam program Cyber World oleh Mata Milenial Indonesia (MMI) TV, baru-baru ini.

Adapun sebagai langkah mencegah masifnya efek negatif di ruang digital, Semuel menyebut pihaknya terus berupaya melakukan pengawasan, pemilihan konten, stempel hoaks, sosialisasi hingga sanksi hukum.

Ia tak memungkiri, salah satu masalah yang muncul dalam transformasi digital di Indonesia adalah hoaks yang menyebar begitu masif, khususnya di media sosial dengan memanfaatkan berbagai isu.

Kemudian, masalah lainnya adalah pencurian data pribadi yang mulai marak terjadi. Terkait hal ini, Semuel menyarankan agar masyarakat tidak sembarangan menyebar data pribadi di ruang digital, terutama media sosial.

“Supaya tidak ada peluang orang lain untuk menggunakan data pribadi kita secara salah,” ujar Semuel.

Untuk lebih lengkapnya terkait pembahasan tata kelola digital di Indonesia, dapat Anda saksikan segera di kanal YouTube MMI TV pada link berikut: https://www.youtube.com/channel/UC1r1-EqEZHq8kVGQHjkHLEQ

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini