Home News Tokoh Muda: Kondisi Papua Saat Ini Jauh Lebih Baik

Tokoh Muda: Kondisi Papua Saat Ini Jauh Lebih Baik

0
168
ikan papua
Papua (Foto: Ist)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Tokoh muda Papua sekaligus Direktur Operasional Papua Inspirasi Steve Rick Elson Mara mengatakan supaya jangan membandingkan Papua dengan daerah lainnya yang ada di Indonesia. Perubahan di Papua justru terlihat jika membandingkannya dengan kondisi Papua pada masa lalu.

“Jangan fokus bandingkan Papua dengan daerah lain, bandingkan Papua sekarang dengan Papua sebelumnya. Sejauh ini banyak sekali kemajuan yang dilakukan  pemerintah pusat yang tidak digambarkan secara keseluruhan,” kata Steve Mara dalam diskusi berjudul Strategi Optimalisasi UMKM Papua di Masa Covid-19 di Kanal Youtube Populis Indonesia TV, Rabu 2 Juni 2021.

Maka, tokoh muda Papua ini mengajak kepada masyarakat Papua khususnya anak-anak muda untuk selalu menyebarkan narasi positif. Mengingat, sampai saat ini masih ada narasi-narasi negatif tentang Papua yang dinilai sangat mengganggu perkembangan pada segala aspek.

“Banyak narasi negatif tentang Papua, maka kami anak-anak muda tergerak untuk membangun narasi positif, kami anak-anak muda yang sering dibilang terlambat dari beberapa hal, ingin tunjukkan bahwa IPM rendah namun tidak bisa dibandingkan IPM Papua dengan pulau Jawa , atau daerah lainnya,” kata Steve.

Banyak upaya yang dilakukan untuk memajukan Papua, salah satunya dengan memperpanjang kebijakan Otonomi Khusus (otsus) Papua. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menilai bahwa otsus bertujuan untuk memperbaiki percepatan pembangunan dan kesejahteraan di Papua, khususnya bagi masyarakat Papua.

“Kita harapkan bahwa otsus ke depan betul-betul sekali lagi bertujuan untuk spiritnya memperbaiki percepatan pembangunan, memperbaiki kesejahteraan, dan afirmasi khususnya terhadap orang asli Papua,” kata Tito.

Maka, Tito berharap Dewan Perwakilan Rakyat dapat segera menyelesaikan revisi Undang-Undnag Otonomi Khusus Papua dengan menyerap aspirasi masyarakat Papua.

 

 

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here