Terpilih Jadi Presiden AS, Berapa Sih Gaji Seorang Joe Biden dan Apa Saja Fasilitas yang Didapat?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Joe Biden tahun depan bakal mengantikan posisi Donald Trump sebagai Presiden Amerika Terpilih (AS) ke-46. Biden terpilih setelah mengantongi 290 electoral vote, sementara lawannya mendapatkan 214.

Rencananya, ia akan dilantik pada 20 Januari 2021. Dirinya menjadi presiden tertua sepanjang sejarah AS, dengan berusia 78 tahun 61 hari.

Nahm terpilih sebagai Presiden AS, berapa sih gajinya dan apa saja fasilitas yang didapatkan oleh seorang Joe Biden?

Gaji presiden AS

Melansir dari Business Insider, presiden Amerika Serikat mendapatkan gaji sebesar 400.000 dolar AS setahun atau sekitar Rp 5.686 miliar, dan itu di luar biaya tunjangan.

Biaya tunjangan terdiri dari pengeluaran tahunan sebesar 50.000 dolar AS atau sekitar Rp 701 juta, perjalanan tidak kena pajak sebesar 100.000 dolar AS atau sekitar Rp 1,4 miliar, dan dana hiburan sebesar 19.000 dolar AS atau sekitar Rp 266,6 juta.

Presiden dan mantan presiden bakal menerima beberapa fasilitas yang tetap diberikan setelah tidak menjabat, seperti asuransi keamanan dan kesehatan. Selain itu, pensiunan tahunan seorang presiden AS diberikan sebesar 200.000 dolar AS atau sekitar Rp 2,84 miliar.

Sementara itu, janda dari mantan presiden AS juga berhak atas tunjangan tahunan sebesar 100.000 dolar AS atau sekiar Rp 1,44 miliar.

Sepanjang sejarah, telah terjadi lima kali kenaikan gaji untuk para panglima tertinggi negeri Paman Sam ini, sejak 1789. Kenaikan terakhir terjadi pada tahun 2001, yakni dari 200.000 dolar AS menjadi 400.000 dolar AS, belum termasuk tunjangan biaya tambahan sebesar 50.000 dolar AS.

Fasilitas yang didapat presiden AS

Selain gaji selangit, presiden AS juga akan mendapatkan fasilitas rumah, mobil kepresidenan, serta pesawat hingga helikopter pribadi.

Presiden AS nantinya tinggal di Gedung Putih dengan staf yang tersedia selama 24 jam dan 5 koki yang bekerja penuh waktu.

Gedung putih memiliki 132 kamar, 35 kamar mandi, dan 28 perapian. Selain itu juga tersedia lapangan tenis, arena boling, bioskop keluarga, jogging track, dan kolam renang.

Fasilitas lainnya adalah tempat peristirahatan di daerah pegunungan Maryland seluas 128 hektar yang biasanya digunakan untuk berlibur.

Fasilitas pesawat pribadi presiden AS dilengkapi dengan pelindung elektromagnetik, peralatan canggih yang aman, dan dapat mengisi bahan bakar di udara.

Helikopter presiden AS yang memiliki kecepatan lebih dari 150 mil per jam dilengkapi dengan sistem antirudal dan baju besi balistik.

Mobil kepresidenan adalah berjenis Limousine, yang dianggap sebagai mobil teraman di dunia. Tak hanya pintu yang berlapis baja, tapi juga secara penuh mampu melindungi penggunanya jika terjadi serangan kimia.

Jendela-jendela mobil kepresidenan mempunyai lima lapis kaca dan polikarbonan. Selain itu, mobil juga memiliki suplai oksigen dan sistem pemadam kebakaran.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini