Teras Malioboro Jadi Tempat Baru PKL yang Direlokasi

Baca Juga

MATA INDONESIA, YOGYA-Akhirnya terjawab sudah dimana tempat PKL Malioboro dipindahkan. Mereka mendapatkan tempat yang layak dan bersih untuk berjualan yang diberinama Teras Malioboro yang merupakan Gedung Eks Bioskop Indra, Ngupasan Kota Yogyakarta.

Sementara itu, Teras Malioboro II bertempat di Gedung Eks Kantor Dinas Pariwisata, tepatnya di sebelah utara Kantor DPRD Provinsi DIY.

“Kami konsisten dalam arti membina tetapi juga tetap memasarkan, baik yang ada di sini (Teras Malioboro I) maupun sementara yang ada di Dinas Pariwisata di sebelah DPRD Provinsi. Sehingga tidak perlu ada kekhawatiran yang berlebih,” ujar Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, Kamis 27 Januari 2022.

Dirinya berharap pemindahan ini memberikan ruang bagi para PKL untuk berjualan dengan lebih nyaman dan semakin berkembang.

Ia juga memohon kepercayaan para PKL dan masyarakat Jogja dalam upaya-upaya yang sudah dilakukan untuk membangun Jogja yang makin tertib dan makin indah.

Hal ini juga menjadi bagian dari upaya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Jogja.

“Meskipun Jogja tidak didesain sebagai Kota Metropolitan, ekonomi masyarakat tetap harus tumbuh dan sejahtera,” katanya.

Hal ini didukung dengan adanya Bandara Internasional dan infrastruktur yang memudahkan wisatawan berkunjung dan berbelanja di Jogja. Sehingga PKL dan UMKM bisa turut menumbuhkan perekonomian.

Sri Sultan juga menyebutkan bahwa seluruh PKL yang berpindah ke Teras Malioboro tidak akan dipungut biaya atau retribusi apa pun selama satu tahun anggaran.

Wakil Walikota Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, menambahkan bahwa proses relokasi PKL ini tidak membuat Malioboro menjadi berbeda dari sebelumnya. Malioboro tetap menjadi pusat belanja oleh-oleh, pusat jajanan, dan pusat untuk membuat vlog atau foto-foto bagi wisatawan maupun masyarakat Jogja.

“Justru pengunjung bisa memilih untuk belanja oleh-oleh jajanan di Teras Malioboro I, Teras Malioboro II, Pasar Beringharjo, juga di sepanjang pertokoan. Jadi malah semakin lengkap fasilitas yang dibuka untuk pengunjung,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini