Tancap Gas, Hari Pertama Kerja Menteri Azwar Anas Langsung Patok Tiga Prioritas Benahi ASN

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Hari pertama bekerja Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas langsung tancap gas merumuskan reformasi birokrasi dengan tiga prioritas.

“Kita kuatkan lagi bahwa ini bukan administrasi pelaporan. Reformasi birokrasi adalah sesuatu yang harus bisa dirasakan,” ujar Azwar di Kantor Kementerian PANRB, Jakarta, Kamis 8 September 2022.

Prioritas pertama adalah reformasi birokrasi untuk penanganan kemiskinan. Kuncinya, seluruh kementerian dan lembaga harus memiliki identifikasi dan parameter kemiskinan yang sama.

Kedua, adalah reformasi birokrasi untuk mendorong tumbuhnya investasi dengan menciptakan pelayanan perizinan dan nonperizinan yang harus baik, efisien, efektif, dan tidak berbelit.

Adapun prioritas ketiga adalah reformasi administrasi pemerintah yang harus mulai beradaptasi dengan iklim digital.

Prioritas program itu, menurut Anas, membutuhkan kerja kolektif seperti penanggulangan kemiskinan dan penurunan angka stunting membutuhkan bukan saja birokrasi yang cepat dan sensitif terhadap masalah sosial, tetapi juga tepat sasaran.

Menurut konsep sederhana Anas, jika semua guru dan aparatur sipil negara (ASN) mengampu satu orang stunting masalah tersebut bisa selesai.

Selain itu, Azwar Anas menegaskan Kementerian PANRB akan memastikan setiap ASN memiliki sasaran kinerja yang jelas.

Menteri PANRB juga akan fokus terhadap digitalisasi di semua lini pemerintahan. Baginya, digitalisasi adalah sebuah keniscayaan.

Menteri Anas mengungkapkan ada pola pikir yang berpendapat bahwa mengurus perizinan di pelayanan pemerintah lebih rumit daripada mengurus urusan sektor swasta yang bisa diselesaikan dengan smartphone.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

85 Anggota PPK Sleman Resmi Dilantik, Diharap Ikut Wujudkan Pilkada Sehat

Mata Indonesia, Sleman – Sebanyak 85 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kabupaten Sleman telah resmi dilantik pada Sabtu (18/5). Pelantikan anggota PPK dilakukan sebagai bentuk persiapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sleman tahun 2024. Bupati Kustini Sri Purnomo hadir memberikan arahan pada acara yang diselenggarakan di The Rich Jogja Hotel tersebut.
- Advertisement -

Baca berita yang ini