Tak Hadiri KTT Perubahan Iklim, Biden Kecam Cina dan Rusia

Baca Juga

MATA INDONESIA, GLASGOW – Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden melayangkan kritik kepada Presiden China, Xi Jinping dan Presiden Rusia, Vladimir Putin lantaran tidak menghadiri Konferensi Perubahan Iklim PBB di Kota Glasgow, Skotlandia.

Berbicara di sela-sela konferensi yang juga dikenal sebagai KTT COP26, Biden mengatakan bahwa kehadirannya di acara tersebut menunjukkan bahwa Amerika Serikat telah kembali setelah kebijakan luar negeri “America First” dari mantan Presiden Donald Trump.

“Itu masalah besar dan mereka pergi. Bagaimana Anda melakukan itu dan mengklaim sebagai pemimpin? Ini adalah kesalahan besar, sejujurnya, karena Cina tidak muncul. Seluruh dunia melihat Cina dan berkata ‘Apa nilai yang mereka berikan?’” kata Biden.

Pernyataan Biden muncul ketika AS dan Cina berusaha meningkatkan hubungan diplomatik di tengah sejumlah ketegangan, termasuk kekhawatiran AS atas tindakan militer Beijing di zona pertahanan udara Taiwan dan catatan hak asasi manusia Cina.

Beijing, yang mengklaim Taiwan sebagai wilayahnya, telah meningkatkan kegiatan lintas selat tahun ini, dengan jumlah insiden yang tercatat di jalurnya menjadi dua kali lipat dari tahun 2020.

Rafe Pomerance, seorang peneliti senior kebijakan Arktik terkemuka di Pusat Penelitian Iklim Woodwell yang berbasis di AS, mengatakan bahwa dia kecewa presiden Cina, Xi Jinping tidak menghadiri konferensi COP26.

“Saya pikir komitmen (perubahan iklim) mereka belum tumbuh secara signifikan,” kata Pomerance, melansir Al Jazeera, Rabu, 3 November 2021.

“Saya pikir tekanan akan membangun Cina. Mereka rentan terhadap perubahan iklim di banyak daerah dan harus mengubah arah. Mereka memiliki masalah yang sama seperti banyak negara lain, bahkan lebih buruk … jadi mereka harus datang dengan cara yang lebih besar,” tuturnya.

Sementara itu, Biden juga mengecam Presiden Rusia Vladimir Putin, yang tidak menghadiri COP26. Padahal, Rusia adalah sumber emisi karbon terbesar keempat di dunia.

“Dia memiliki masalah iklim yang serius dan serius, dan dia bungkam pada kesediaan untuk melakukan apa pun,” kata Biden.

Rusia menyetujui strategi iklim pemerintah jangka panjang awal pekan ini yang menargetkan netralitas karbon pada tahun 2060, bagaimanapun, dan telah menolak tuduhan AS sebelumnya bahwa itu tidak cukup membantu perubahan iklim.

“Rusia sebagai sebuah negara sedang melakukan upaya besar dan akan terus melakukannya secara sistematis untuk mengurangi beban antropogenik pada iklim, tetapi ini adalah proses yang membutuhkan tindakan yang memadai dari semua negara bagian,” kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini