Status Merapi Siaga, Ini Penjelasan dari Sultan HB X

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Gubernur DIY, Sri Sultan HB X angkat bicara terkait dinaikannya status gunung Merapi dari waspada menjadi siaga, oleh Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Kamis 5 November 2020.

Dirinya meminta agar masyarakat tidak perlu panik. Menurutnya, masyarakat di sekitar lereng Gunung Merapi sudah hafal dengan karakter Gunung Merapi.

“Masyarakat di Sleman khususnya di sekitar Merapi saya kira mereka sudah paham. Hanya saya mohon (masyarakat) yang jauh dari Merapi tidak usah panik dengan kenaikan (status),” ujar Sultan.

Sultan pun meminta kepada masyarakat Kabupaten Sleman yang berada di sisi timur, selatan dan barat Gunung Merapi untuk lebih memperhatikan kondisi. Terlebih saat ini Gunung Merapi dinaikkan statusnya.

Sultan menilai masyarakat di Sleman khususnya yang berada di lereng Gunung Merapi sudah memiliki pengalaman terkait erupsi.

“Saya yakin bahwa mereka sudah punya pengalaman banyak masalah Merapi sehingga harapan saya Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman juga mempersiapkan diri untuk jalur evakuasi, untuk persiapan siaga. Saya kira sudah tahu Pak Bupati apa yang harus dilakukan,” katanya.

Sementara itu, Kepala BPBD Boyolali, Bambang Sinung menjelaskan berdasarkan pertemuan dengan Sekda, Masruri, ada beberapa langkah yang telah disiapkan sejak 21 Juni 2020 silam.

Pertama adalah penyediaan sejumlah 100 ribu masker yang sangat urgent untuk masyarakat jika Gunung Merapi erupsi.

“Ini yang pertama dan utama karena kaitannya untuk antisipasi ispa serta saat pandemi Covid-19 seperti ini,” kata Sinung.

Lalu yang kedua, untuk menyiapkan logistik, dan semuanya sudah mencukupi. Nantinya, logistik itu akan didistribusikan sewaktu-waktu jika ada pergerakan pengungsian.

“Ketiga terkait kesiapan, Pak Sekda sudah sampaikan lewat telepon semua dalam siap siaga untuk menghadapi erupsi Merapi,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini