Staf Khusus Milenial Presiden Apresiasi UPI Bandung yang Setia Mendidik Para Mahasiswa Papua

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Staf Khusus Milenial Presiden Billy Mambrasar tetap menunjukkan komitmennya dalam mendukung program pengembangan pendidikan untuk anak-anak Papua. Hal ini terlihat dari sejumlah kegiatan visitasinya, untuk memberi motivasi bagi anak-anak Papua yang sedang menempuh studi di berbagai daerah di Indonesia, termasuk penerima program beasiswa afirmasi (ADEM dan ADIK).

Pada Rabu, 9 September 2020, Billy mengunjungi kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Dalam pertemuan dengan pihak Rektorat UPI, ia menyampaikan apresiasinya terhadap pihak kampus atas program mentoring atas para mahasiswa Papua di kampus ini.

“UPI selama ini, dalam melayani mahasiswa Afirmasi bukan hanya sebatas akademik tapi juga non akademik melalui mentoring yang bersifat intens, dengan model pendekatan psikologis/kekeluargaan. Pelayanan yang diberikan juga termasuk meng-cover kepentingan mereka ketika mengalami sakit atau hingga meninggal dunia dengan fasilitas transportasi guna penghantaran pulang hingga sampai ke kampung halaman”, ujarnya dalam keterangannya, Kamis, 10 September 2020.

Sementara pihak Rektorat UPI menyampaikan bahwa dalam memberikan pelayanan kepada mahasiswa Afirmasi, pihak UPI juga menghadapi persoaalan ketika ada anak yang pulang kampung tanpa pemberitahuan hingga berbulan-bulan. Dimana hal itu sangat beresiko untuk menjadi temuan terkait pendanaan beasiswa yang terus berjalan, walaupun mahasiswa tersebut statusnya non aktif untuk sementara.

Untuk itu, Pihak UPI meminta kepada Billy agar mendorong adanya regulasi atau payung hukum untuk melindungi kampus dalam menambah waktu belajar mahasiswa yang telah melebihi ketentuan 4 tahun masa studi. “Agar tidak menjadi temuan dalam audit terkait penggunaan dana beasiswa dan waktu kuliah bagi penerima beasiswa,” kata pihak kampus UPI.

Selain mengunjungi UPI, Billy juga memberikan bantuan kepada para mahasiswa asal Papua. Bantunnya berupa sembako, paket kuota internet dan pemasangan wifi gratis di asrama tempat tinggal mereka.

Bantuan yang sama juga diberikan di rumah tinggal atau kontrakan bersama para anak Papua asal Jayawijaya di Cimahi yang tengah menempuh pendidikan di Unjani dan UPI.

Billy menyatakan keinginannya untuk mendukung penuh keberhasilan belajar daring dari anak-anak ini.

“Sebagai anak Papua yang dulu merantau, saya merasakan sekali kesulitan adik-adik ini. Rasa sayang untuk mereka ini yang mendorong saya untuk melakukan aksi nyata ini,” Ujar Alumni Institut Teknologi Bandung ini.

Sebelumya, Billy Mambrasar juga telah melakukan pemasangan wifi di tempat tinggal dan asrama dari Mahasiswa Kaimana dan Sorong Selatan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini