Snowden Dapat Hak Tinggal Permanen dari Rusia

Baca Juga

MATA INDONESIA, MOSKOW – Mantan kontraktor National Security Agency (NSA) Edward Snowden akhirnya diberikan hak tinggal permanen dari pemerintah Rusia.

Pengacara Snowden, Anatoly Kucherena mengatakan bahwa Snowden sedang mempertimbangkan untuk mengajukan kepemilikan paspor Rusia.

Menurut Kucherena, pemberian hak tinggal permanen ini diberikan Rusia, usai dia dan kliennya meminta perpanjangan izin tinggal yang sebenarnya sudah habis di Rusia.

“Kami sudah menyerahkan dokumen pada bulan April dan kami mendapat hak tinggal permanen (pada hari Kamis),” katanya melansir nbcnews.com, Jumat 23 Oktober 2020.

Sebagai informasi, Snowden sempat melarikan diri dari AS pada 2013. Hal itu dia lakukan setelah membocorkan data-data rahasia terkait operasi mata-mata yang dilakukan NSA, baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Pembocoran itu sempat membuat hubungan AS dengan beberapa negara Eropa, seperti Prancis dan Jerman terganggu. Bertahun-tahun otoritas AS berupaya menyeret Snowden kembali ke Amerika. Dia hendak dibawa ke pengadilan pidana atas tuduhan spionase.

Kasus tersebut telah diajukan sejak 2013. Namun Snowden mendapat suaka di Rusia. Bahkan kisah Snowden sempat difilmkan dengan Judul ‘Snowden‘ pada tahun 2016. Yang menjadi pemeran Snowden adalah aktor Joseph Gordon-Levitt.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini