Si Maung, Mobil Buatan Pindad yang Dilirik Prabowo untuk Perkuat Alutsista Indonesia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, langsung respek dengan permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal memprioritaskan produk dalam negeri untuk mempercepat penyerapan anggaran.

Dirinya, langsung membeli produk peralatan tempur yang diproduksi perusahaan pelat merah PT Pindad (Persero).

Prabowo menjajal kendaraan taktis 4×4 terbaru buatan PT Pindad yang diberinama Maung.

“Pada sore hari ini saya dan tim dari PT Pindad mencoba kendaraan Rantis 4×4 yang kami beri nama Maung,” kata Prabowo melalui akun Twitternya, @prabowo, Ahad, 12 Juli 2020.

Dalam foto yang diunggah, Prabowo tampak duduk di belakang kemudi. Ia mengenakan baju khaki andalan, kacamata gelap, dan topi bertuliskan namanya.

Dalam cuitan berikutnya, Prabowo mengatakan Kementerian Pertahanan akan terus mendukung upaya peningkatan produksi alat utama sistem pertahanan (alutsista) dalam negeri.

Mantan Pangkostrad ini memesan 500 unit kendaraan taktis Maung dengan harga Rp 600 juta per unitnya.

Direktur Utama PT Pindad (Persero) Abraham Mose mengatakan sebetulnya Maung punya empat varian, antaranya jenis kabin ganda, kendaraan logistik, hingga mobil yang dikhususkan bakal pertempuran jarak dekat. Namun yang baru akan diproduksi untuk memenuhi kebutuhan Kemenhan adalah tipe untuk pertempuran jarak dekat.

Kelebihan utama Maung adalah kemampuan menerjang medan-medan sulit dan beroperasi lepas pada ruas jalan aspal. Maung mempunyai batas kecepatan aman 120 km per jam dan maksimal mencapai 140 km per jam.

Mobil berpenggerak 4×4 ini menggunakan transmisi manual 6 speed dan dilengkapi dengan braket persenjataan kaliber 7,62 mm, konsol SS2-V4, perangkat GPS navigasi, dan tracker kendaraan serta perlengkapan lainnya. Maung juga didukung mesin diesel turbo 2.500 cc yang sama seperti digunakan Toyota Hilux.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini