Setelah Gempa, BMKG Peringatkan Potensi Longsor dan Hujan Lebat di Jatim

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Usai gempa berkekuatan M 6,1 yang mengguncang Malang, pada Sabtu 10 April 2021 kemarin, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan potensi hujan lebat di sejumlah wilayah Jawa Timur.

Selain hujan, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati berkata, masyarakat Jatim wajib waspada akan ancaman longsor.

“Kami imbau seluruh masyarakat tetap waspada, dan mengecek informasi cuaca wilayahnya di BMKG secara berkala,” kata Dwikorita.

Ia menjelaskan, setelah gempa, struktur tanah dapat berubah menjadi rapuh, yang bila diguyur hujan bisa menyebabkan longsor atau banjir.

“Diprediksi hujan lebat di beberapa wilayah Jatim, ini mohon diperhatikan, karena baru saja gempa bumi lebih dari 6 magnitudo, itu lereng habis digoyang itu bisa rapuh,” ujar Dwikorita.

Pihaknya memprediksi sejumlah wilayah yang akan diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yakni Jombang, Mojokerto, Pasuruan, Bondowoso, Jember, Malang, Kota Malang, Blitar, Tulungagung, Trenggalek, Gresik, Lamongan, Madiun, Nganjuk, Kota Probolinggo, Kota Batu, Kediri dan Ponorogo.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini