Setelah Benyamin Sueb Nyanyi, Ondel-Ondel pun Jadi Ikon Jakarta

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Semua orang juga tahu “Ondel-ondel” adalah budaya khas Jakarta. Tetapi pasti banyak yang tidak tahu penciptanya adalah seorang seniman Betawi yang kondang, Benyamin Sueb.

Sebelum tahun 1971, arak-arakan dua boneka super besar dengan dandanan khas Betawi tersebut dinamai Barong.

Budayawan Bekasi Guntur Elmogas pernah mengungkapkan bahwa kesenian barong itu terpengaruh atraksi barongsai dari suku Cina.

Saat itu barong tidak untuk atraksi pertunjukkan tetapi sebagai pengusir roh jahat sehingga mereka sering dipasang di depan rumah. Tujuannya agar pemilik rumah tidak diganggu roh-roh tersebut.

Setelah Bang Ben, begitu Benyamin sering dipanggil, menyanyikan Lagu “Ondel-Ondel” ciptaan Djoko Subagyo pada 1971, entah bagaimana mulanya, barong itu berubah nama menjadi Ondel-Ondel.

Bukan hanya namanya, fungsinya juga berubah. Tidak lagi sebagai penghalang roh jahat tetapi sudah menjadi bagian atraksi hiburan dengan musik gambang kromong khas Betawi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini