Tom Morello mengunggah foto bersama maskot Kota Jakarta, Ondel-ondel. Sebelumnya Tom Morello dan bandnya Rage Against the Machine tampil di Hodgepodge Superfest. (Instagram/@tommorello)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Semua orang juga tahu “Ondel-ondel” adalah budaya khas Jakarta. Tetapi pasti banyak yang tidak tahu penciptanya adalah seorang seniman Betawi yang kondang, Benyamin Sueb.

Sebelum tahun 1971, arak-arakan dua boneka super besar dengan dandanan khas Betawi tersebut dinamai Barong.

Budayawan Bekasi Guntur Elmogas pernah mengungkapkan bahwa kesenian barong itu terpengaruh atraksi barongsai dari suku Cina.

Saat itu barong tidak untuk atraksi pertunjukkan tetapi sebagai pengusir roh jahat sehingga mereka sering dipasang di depan rumah. Tujuannya agar pemilik rumah tidak diganggu roh-roh tersebut.

Setelah Bang Ben, begitu Benyamin sering dipanggil, menyanyikan Lagu “Ondel-Ondel” ciptaan Djoko Subagyo pada 1971, entah bagaimana mulanya, barong itu berubah nama menjadi Ondel-Ondel.

Bukan hanya namanya, fungsinya juga berubah. Tidak lagi sebagai penghalang roh jahat tetapi sudah menjadi bagian atraksi hiburan dengan musik gambang kromong khas Betawi.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here