Senapan Type 88 yang jadi pengawal pemimpin Korea Utara Kim Jong Un
Senapan Type 88 yang jadi pengawal pemimpin Korea Utara Kim Jong Un

MATA INDONESIA, JAKARTA-Berbagai teknologi senjata peninggalan Uni Soviet dikembangkan dan diproduksi oleh Korea Utara. Salah satunya yang paling terkenal adalah senapan Type 88.

Menurut media AS, National Interest, senapan Type 88 adalah senjata kebanggaan Korea Utara. Senapan ini kerap dipamerkan dalam parade militer korut, digunakan para operasi khusus tentara dan kini dibawa oleh para pengawal Kim Jong-un.

Senapan Type 88 Korut serupa dengan AK-74 era Uni Soviet namun dengan popor yang lebih pendek. Salah satu perbedaan yang mencolok adalah senjata ini memiliki magasin berbentuk tabung. Magasin ini disebut mampu menampung hingga 150 peluru di dalamnya, tiga kali lipat dibanding AK-74 biasa.

Dengan magasin yang besar, Type 88 menjadi berat. Magasinnya saja memiliki berat hingga 1,6 kilogram, sedangkan berat senjata Type 88 diperkirakan memiliki bobot hingga 5 kg.

Diketahui, nama 88 sendiri diperkirakan diambil dari tahun pembuatan senapan tersebut 1988. Walau mengadopsi AK-74, namun Type 88 tidak mengadopsi bagiannya yang menggunakan kayu. Type 88 lebih modern dengan warna hitam, mirip senapan Daewoo K2 milik Korea Selatan atau Karabin M4AI milik Amerika Serikat.

Karena ambruknya perekonomian Korut karena sanksi dan embargo, Type 88 diperkirakan tak diproduksi massal untuk ekspor seperti senapan mereka lainnya Type 58 yang mengadopsi AK-47 dan Type 68 yang mengadopsi AKM.

Diperkirakan Korut memproduksi 200 ribu senapan Type 88 untuk operasi pasukan khusus, termasuk tentara, sniper, unit pertahanan udara, hingga brigade infanteri, hingga pengawal Kim Jong-un.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here