Semangat Persatuan, Alasan Australia Ubah Lirik Lagu Kebangsaan

Baca Juga

MATA INDONESIA, INTERNASIONAL – Perdana Menteri Australia, Scott Morrison mengumumkan adanya perubahan lirik pada lagu kebangsaan Negeri Kanguru. Itu artinya, Australia akan menyanyikan versi yang berbeda dari lagu kebangsaan mereka.

Pada lagu kebangsaan yang baru, tidak akan lagi menyebut Australia sebagai “muda dan bebas”. Hal ini merupakan upaya untuk mencerminkan sejarah panjang kaum pribumi di negara persemakmuran Inggris tersebut.

Pengumuman sang perdana menteri memang cukup mengejutkan, akan tetapi disambut baik di seluruh pemerintahan. Morrison berharap, perubahan lagu kebangsaan tersebut akan menciptakan semangat persatuan.

Aborigin yang notabene merupakan suku asli telah mendiami benua Australia selama puluhan ribu tahun, sebelum akhirnya dijajah oleh orang kulit putih yang mayoritas berasal dari Inggris pada abad ke-18.

Bait yang akan dihapus dalam lagu kebangsaan yang berjudul “Advance Australia Fair” adalah “karena kita muda dan bebas” dan berganti menjadi “karena kami adalah satu dan merdeka.”

Awal tahun lalu, pemimpin negara bagian New South Wales, Perdana Menteri Gladys Berejiklian menyarankan perubahan lirik lagu tersebut. Ia mengatakan bahwa kalimat “karena kita muda dan bebas” telah mengabaikan budaya bangsa pertama yang membanggakan Australia.

“Mengubah bait ‘muda dan bebas’ menjadi ‘satu dan bebas’ tidak akan menghilangkan apa pun. Tetapi saya yakin itu akan menambah banyak hal,” kata Perdana Menteri Scott Morrison, melansir BBC.

“Ini juga mengakui jarak yang telah kita tempuh sebagai sebuah bangsa. Ia mengakui bahwa kisah nasional kita diambil dari lebih 300 leluhur dan kelompok bahasa. Dan kita adalah bangsa yang multikultural paling sukses di dunia,” sambung Morrison berhaluan konservatif.

Pemimpin oposisi, Anthony Albanese mengatakan bahwa Australia harus bangga dengan fakta yang memiliki peradaban berkelanjutan tertua di planet ini bersama orang-orang first nations atau bangsa pertama.

Pada Desember, pemain rugby untuk tim nasional Australia menyanyikan lagu kebangsaan dalam bahasa asli untuk yang pertama kalinya. Tim bernyanyi dalam bahasa bangsa Eora, yakni sekelompok orang dari daerah Sydney –sebelum membawakan lagu kebangsaan dalam bahasa Inggris.

Reporter: Muhammad Raja A.P.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini