Palang Merah Indonesia
Palang Merah Indonesia

MATA INDONESIA, JAKARTA – Hari ini, 17 September 2020, salah satu organisasi paling berpengaruh di Indonesia merayakan hari jadinya yang ke-75. Organisasi tersebut adalah Palang Merah Indonesia (PMI).

Didirikan 17 September 1945, PMI adalah organisasi kemanusiaan yang hadir di garda terdepan dalam memberi pertolongan secara sukarela kepada masyarakat. Hingga saat ini, PMI sudah berada di 34 provinsi dengan total 408 cabang atau tingkat kabupaten.kota di seluruh Tanah Air.

PMI berperan dalam kemanusiaan, sebagaimana ketentuan Konvensi Jenewa 1949 yang telah diratifikasi pemerintah RI pada 1958 melalui UU Nomor 59.

Organisasi disahkan sebagai perhimpunan nasional melalui Keppres Nomor 25 Tahun 1950 dan dikukuhkan kegiatannya sebagai satu-satunya organisasi perhimpunan nasional yang menjalankan tugas kepalangmerahan melalui Keputusan Presiden Nomor 246 tahun 1963.

Selama ini, PMI dikenal dekat dengan masyarakat, terutama koprs relawannya. Berbagai kegiatan sosial telah diinisiasi dan dikerjakan PMI. Pun begitu, jika terjadi bencana, relawan PMI menjadi garda terdepan sebagai penolong masyarakat.

Sepanjang berdirinya, PMI telah dipimpin tokoh-tokoh besar. Sebut saja seperti ketua umum pertamanya yakni Mohammad Hatta. Ada juga Soetardjo Kertohadikoesoemo, Prof Dr. Satrio, hingga Ma’rie Muhammad.

Adapun Ketua Umum PMI saat ini adalah mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here