Ilustrasi anjing jenis Bulldog terinfeksi virus corona
Ilustrasi anjing jenis Bulldog terinfeksi virus corona

MATA INDONESIA, JAKARTA-Usai tiga ekor kucing dilaporkan terinfeksi virus corona, kini pemerintah Belanda mengumumkan kasus pertama di tempat mereka, ada seekor anjing yang juga positif tertular virus corona.

Informasi itu disampaikan oleh Menteri Pertanian Belanda Carola Schouten. Menurutnya, anjing jenis bulldog berusia delapan tahun milik pasisen positif virus corona.

Dilansir AFP Jumat 15 Mei 2020, diyakini anjing itu terinfeksi dari si pemilik, dan dilaporkan terpaksa dimatikan pada akhir April. Adapun tiga ekor kucing yang terpapar Covid-19 itu ditemukan di peternakan cerpelai, yang sebelumnya sudah mengumumkan penularan positif bulan lalu.

“Dari semua kasus yang ada, kami menyadari bahwa binatang peliharaan ini tidak akan menginfeksi manusia, malah sebaliknya justru manusia yang menularkannya ke hewan,” kata Schouten dikutip ANP.

Untuk itu, kata dia, si pemilik yang sudah punya gejala menghindari kontak. Di antaranya adalah memeluk dan membiarkan binatang peliharaan menjilat pemiliknya, dan membuat mereka berisiko terkena virus.

Kasus penularan Covid-19 dari manusia ke hewan peliharaan mereka tidak hanya ditemukan di Belanda, namun juga tempat lain di seluruh dunia. Sebelumnya, pemerintah di Hong Kong sudah mendapatkan konfirmasi laporan bahwa ada dua ekor anjing yang positif terinfeksi corona.

Kemudian kasus penularan lainnya juga terjadi, seperti kucing yang terinfeksi di Belgia, dan harimau di kebun binatang Bronx, AS. Semua hewan itu diyakini terpapar virus dengan nama resmi SARS-Cov-2 dan pertama kali terdeteksi di Wuhan, China itu dari manusia.

Adapun Negeri “Kincir Angin” mencatatkan 43.43.681 kasus infeksi pada manusia, dengan 5.643 di antaranya dinyatakan meninggal.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here