Satu Bulan Indonesia Diguncang 962 Gempa Bumi

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Selama satu bulan ini, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat 962 gempa bumi terjadi menguncang Indonesia.

Adapun rincian gempa yang terjadi yakni kurang dari lima sebanyak 935 kejadian. Kemudian, jumlah gempa Magnitudo lebih besar atau sama dengan 5 sebanyak 27 kejadian. Lalu jumlah gempa dirasakan 65 kejadian.

Sementara itu, BMKG mencatat jumlah gempa merusak pada bulan Mei ada dua kejadian yakni gempa di Jawa Timur M5,9 pada 21 Mei dan gempa di Teluk Palu M2,9 pada 25 Mei 2021.

Sebelumnya, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan sejak Januari 2021 rata-rata kejadian gempa di Indonesia mencapai lebih dari 600 kali per bulan.

“Jadi mulai tahun-tahun sebelumnya, rata-rata kejadian gempa itu dalam satu bulan 300-400 kali. Tetapi mulai bulan Januari itu sudah lompat 600 kali lebih,” ujarnya.

Namun, Dwikorita mengatakan bahwa tingkat kekuatan gempa di beberapa wilayah memang bervariasi. Lebih banyak dibawah 5 magnitudo.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini